nurwahidah, desi (2021) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING BAGI MAHASISWA PAI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Masa pandemi covid-19, menyebabkan pembelajaran tidak dilakukan di sekolah, melainkan pembelajaran dilakukan dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara terpisah menggunakan media online sehingga memerlukan alat komunikasi untuk menghubungkan peserta didik dan pendidik. Banyak platform yang digunakan mulai dari whatsapp, google meet, zoom, dan SPADA. Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahuui pelaksanaan pembelajaran daring mahasiswa PAI Universitas Muhammadiayah Metro. 2) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring mahasiswa PAI Universitas Muhammadiyah Metro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode wawancara, metode angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PAI yang berjumlah 277 mahasiswa. Karena semester 7 sudah tidak ada mata kuliah yang ditempuh. sehingga mahasiswa yang diteliti adalah 235 mahasiswa. Tekhnik sampling penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga sampel yang digunakan adalah 70 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pelaksanaan pembelajaran daring sudah dilakukan dengan baik melalui aplikasi SPADA, perencanaan pembelajaran seperti mempersiapkan RPS sebagai sarana pembelajaran dan pelaksaan pembelajaran yang dilakukan dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, evaluasi, pengendalian, dan kegiatan penutup. 2) Hasil perhitungan diketahui r hitung adalah 0,652. Jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi terhadap koefisien korelasi berada pada interval antara 0,60 sampai dengan 0,80 yaitu kategori tinggi. Bila menggunakan r tabel untuk n = 70 dan kesalahan 5% maka r tabel = 0,235, sedangkan r hitung adalah 0,652. Dari hasil perhitungan bahwa r hitung > r tabel maka Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan pembelajaran daring PAI UM Metro sudah dilakukan dengan baik yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, Evaluasi, pengendalian, dan kegiatan penutup yang dilakukan melalui SPADA. 2) Hasil perhitungan menunjukkan bahwa r hitung > r tabel yaitu 0,652 > 0,235. Maka Ha diterima. Dengan demikian pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran daring bagi mahasiswa PAI UM Metro efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 028/FAI/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Pembelajaran Daring, Mahasiswa |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 02:14 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 02:14 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1272 |
Actions (login required)
View Item |