PERAN GURU MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI SMK NEGERI 1 RAWA PITU TULANG BAWANG LAMPUNG

fadhilah, uthi (2021) PERAN GURU MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI SMK NEGERI 1 RAWA PITU TULANG BAWANG LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanperan guru menghadapi revolusi industri dalam menerapkan pembelajaran berbasis digital, untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis digital oleh guru di SMA Negeri 1 Rawa Pitu di era Revolusi Industri 4.0, untuk mendeskripsikan kendala dan solusi untuk mengatasi perihal tersebut pada saat melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data sekaligus menganalisisnyasetelah diperoleh dari lapangan. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data berupa pelaksanaan supervisi akademik dan kualitas pembelajaran guru. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data induktif yang dimulai dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Peran guru dalam menghadapi tantangan masa Revolusi Industri 4.0 adalah guru berperan sebagai penyedia atau fasilitator dalam pembelajaran. Guru sebagai pengembang maka dalam pembelajaran guru harus mampu menciptakan inovasi-inovasi pmebelajaran. Guru sudah melakukan pembelajaran dan mengembangkan pembelajaran ke arah pembelajaran daring. Walau hal ini tetap membutuhkan pembelajaran secara luring untuk kegiatan praktikum. Tantangan yang dihadapi guru di era ini adalah penguasaan IT, profesionalisme, kreativitas pembelajaran, ketidaksesuaian waktu dengan beban belajar, serta sikap tidak mau berubah dari guru.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 042/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021
Uncontrolled Keywords: revolusi industri, pembelajaran berbasis digital
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:01
Last Modified: 11 Mar 2022 03:01
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item