Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Daring dimasa Pandemi COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur

INDAH SARI, EVA RIA (2021) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Daring dimasa Pandemi COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Rumusan penelitian yang penulis ajukan adalah “Bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur dan faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timu?”. Adapun tujuan penelitian penulis adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dimasa pandemi COVID19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan secara objektif keadaan ditempat penelitian dengan menggunakan kata-kata atau kalimat. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara untuk mengetahui sejauh mana guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak, metode observasi sebagai metode pengamatan atau metode pokok, sedangkan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Data analisis dilakukan secara reduksi data, display data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur yaitu merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang disederhanakan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan RPPM. Selanjutnya, upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dimasa pandemi COVID-19 di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur adalah dengan melakukan indikator aspek perkembangan bahasa anak yaitu meliputi: merangsang minat anak untuk berbicara, latihan menggabungkan bunyi bahasa, memperkaya perbendaharaan kata, mengenalkan kalimat melalui cerita dan nyanyian, serta mengenalkan lambang tulisan. Perkembangan bahasa anak di TK Pertiwi Rajabasa Lama I Lampung Timur telah berkembang sesuai yang dihararapkan, hal ini dapat dilihat dari hasil survey peneliti bahwa tidak ada anak yang Belum Berkembang atau 0%, Mulai Berkembang sebanyak 2 anak atau 13,33%, Berkembang Sesuai Harapan sebanyak 8 anak atau 53,34%, dan Berkembang Sangat Baik sebanyak 5 anak atau 33,33%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 003/PIAUD/2021
Uncontrolled Keywords: upaya guru, perkembangan bahasa anak, pembelajaran daring
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:00
Last Modified: 28 Jan 2022 03:00
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item