Sapitri Wulandari, Eka (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) BERBANTU MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MAN 1 METRO. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Model Cooperative Type Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantu Prezi merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menjelaskan ide atau pendapat nya kepada peserta didik lain, Model pembelajaran ini efektif untuk melatih kemampuan berbicara peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya sendiri. Berdasarkan hasil pra survey, di MAN 1 Metro yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Masih banyak peserta didik yang belum tuntas hasil belajar Ekonomi kelas X MAN 1 Metro Tahun pelajaran 2019/2020”. Berdasarkan masalah tersebut maka rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: “Apakah ada Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Type Student Facilitator and Explaining (SFE) Berbantu Media Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di MAN 1 Metro?. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (Quasi Experimental), dengan bentuk Design eksperimen jenis Non-Equivalen Group Design. Desain ini terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak dipilih secara random. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menggunakan Regresi Linier Sederhana diperoleh sehingga dengan demikian Ŷ = a + bX, adalah Y = + 0,7526 X. Kemudian, dari hasil analisis yang dilakukan maka terbukti bahwa ada pengaruh yang positif model Cooperative Type Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantu media Prezi terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPS 4 MAN 1 Metro. Hal ini dibuktikan dengan penghitungan analisis data dapat diketahui bahwa nilai tersebut t hitung > t tabel , dan terlihat bahwa pada taraf signifikan 5% yaitu 7,24>1,70. Dengan demikian maka hipotesis diterima yang berarti ada pengaruh yang positif penggunaan model Cooperative Type Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantu media Prezi terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X IPS 4 semester ganjil MAN 1 Metro semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 001/Pend.Ekonomi/2020 |
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Learning Type Student Facilitator and Explaining (SFE), Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi 300 Ilmu Sosial > Pendidikan |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 07 Sep 2021 01:59 |
Last Modified: | 07 Sep 2021 01:59 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/712 |
Actions (login required)
View Item |