PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) BERBANTU MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MAN 1 METRO

Sapitri Wulandari, Eka (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) BERBANTU MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MAN 1 METRO. Skripsi (S1) thesis, https://ummetro.ac.id/.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://lib.ummetro.ac.id/

Abstract

Model Cooperative Type Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantu Prezi merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menjelaskan ide atau pendapat nya kepada peserta didik lain, Model pembelajaran ini efektif untuk melatih kemampuan berbicara peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya sendiri. Berdasarkan hasil pra survey, di MAN 1 Metro yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Masih banyak peserta didik yang belum tuntas hasil belajar Ekonomi kelas X MAN 1 Metro Tahun pelajaran 2019/2020”. Berdasarkan masalah tersebut maka rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: “Apakah ada Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Type Student Facilitator and Explaining (SFE) Berbantu Media Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di MAN 1 Metro?. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (Quasi Experimental), dengan bentuk Design eksperimen jenis Non-Equivalen Group Design. Desain ini terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak dipilih secara random. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menggunakan Regresi Linier Sederhana diperoleh sehingga dengan demikian Ŷ = a + bX, adalah Y = + 0,7526 X. Kemudian, dari hasil analisis yang dilakukan maka terbukti bahwa ada pengaruh yang positif model Cooperative Type Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantu media Prezi terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPS 4 MAN 1 Metro. Hal ini dibuktikan dengan penghitungan analisis data dapat diketahui bahwa nilai tersebut t hitung > t tabel , dan terlihat bahwa pada taraf signifikan 5% yaitu 7,24>1,70. Dengan demikian maka hipotesis diterima yang berarti ada pengaruh yang positif penggunaan model Cooperative Type Student Facilitator and Explaining (SFE) berbantu media Prezi terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X IPS 4 semester ganjil MAN 1 Metro semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 001/Pend.Ekonomi/2020
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning Type Student Facilitator and Explaining (SFE), Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Depositing User: M Derie Santana
Date Deposited: 07 Sep 2021 01:59
Last Modified: 07 Sep 2021 01:59
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/712

Actions (login required)

View Item View Item