PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII

Meida, Puput (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengembangkan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing pada materi himpunan kelas vii dan (2) untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing pada materi himpunan kelas vii. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Marga Tiga. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Marga Tiga. Objek penelitian adalah bahan ajar berbasis inkuiri pada materi himpunan. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi ahli dan analisis respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis inkuiri yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan memenuhi kriteria valid dengan persentase kevalidan sebesar 84,12%%. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, bahan ajar berbasis inkuiri pada materi himpunan telah memenuhi kriteria praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 88,14%. Dari hasil validasi yang dilakukan dengan 4 validator ahli dan hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan dengan 9 peserta didik, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis inkuiri pada materi himpunan yang telah dikembangkan telah valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: bahan ajar, inkuiri terbimbing, pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 002/Pend. Matematika/2021
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Inkuiri Terbimbing, Pengembangan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:23
Last Modified: 12 Aug 2021 02:23
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item