PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NEGERI 1 SIDOMULYO

LIZA, FATIN ANNIDA (2024) PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NEGERI 1 SIDOMULYO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang semakin pesat saat ini berdampak pada sejumlah industri, termasuk pendidikan. Dengan adanya kemajuan teknologi dibidang pendidikan diharapkan guru dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Namun saat ini pemanfaatan teknologi masih kurang optimal digunakan oleh pendidik, terutama pada mata pembelajaran PAI, lebih sering dijumpai menggunakan metode ceramah sehingga dianggap monoton dan membosankan oleh sebagian siswa yang mengakibatkan siswa mengantuk, atau tidak bersemangat dalam pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini berupaya mengkaji Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sidomulyo. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Quizizz dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sidomulyo dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan aplikasi quizizz dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sidomulyo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sidomulyo.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi Quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sidomulyo. Hal ini dibuktikan pada pra tindakan jumlah siswa yang nilanya tuntas hanya berjumlah 12 siswa, pada pra tindakan siswa terlihat kurang bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, pada siklus I siswa yang nilainya tuntas meningkat menjadi 18 siswa, pada siklus I pembelajaran mulai terlihat aktif, beberapa siswa mulai tertarik mengikuti pembelajaran. dan pada siklus II siswa yang nilainya tuntas meningkat menjadi 26 siswa, pada siklus II siswa terlihat sudah aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat dari pemanfaatan aplikasi quizizz. faktor pendukung ini terdiri dari dua hal yaitu sisi aplikasi quizizz, dan sisi fasilitas sekolah yang memadai. Faktor penghambat yang mempengaruhi pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran yaitu jaringan internet yang tidak stabil, guru PAI yang baru pertama kali menggunakan aplikasi quizizz dan siswa yang masih kurang paham menggunakan quizizz.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 45/S1 Pendidikan Agama Islam/2024
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Quizizz, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 25 Feb 2025 02:12
Last Modified: 25 Feb 2025 02:12
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3526

Actions (login required)

View Item View Item