PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIRAGANA DI LPK JIEMA KOTA METRO

RUSPRIANTI, NI WAYAN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIRAGANA DI LPK JIEMA KOTA METRO. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR REFERENSI.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Tujuan pengembangan Menghasilkan media pembelajaran macromedia flash dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf hiragana. Mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran macromedia flash dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf hiragana. Mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran macromedia flash dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf hiragana. Dan mengetahui tingkat kefektifan media pembelajaran macromedia flash dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf hiragana di LPK Jiema Kota Metro. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi Analisis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan cara mengelompokan jenis-jenis data yang diperoleh sehingga peneliti mudah memahami data dan menarik kesimpulan. Dalam pengembangan ini produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran macromedia flash pada materi huruf hiragana dalam bentuk aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran macromedia flash pada materi menulis huruf hiragana yang dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta pelatihan dalam proses kegiatan pembelajaran. Hal ini terlihat dari persentase uji ahli media sebesar 91,3%, pada uji ahli materi sebesar 89,8%, dan uji soal sebesar 89,7 dari ketiga uji validator tersebut ketiga uji masuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran macromedia flash yang dikembangkan sangat praktis. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji respons peserta pelatihan diperoleh nilai rata-rata dari ketiga aspek tersebut yaitu sebesar 99,7% dengan kategori sangat baik. Dari hasil uji respons instruktur pelatihan diperoleh nilai rata-rata dari ketiga aspek tersebut yaitu sebesar 95,9% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran macromedia flash yang dikembangkan sangat efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t-test: two-sample assuming equal variances pada nilai posttest dua kelompok kelas peserta pelatihan bahwa nilai t hitung sebesar 4,69 dan t tabel uji dua pihak sebesar 2,01 sehingga dapat disimpulkan bahwa t hitung >t tabel (4,69>2,01), artinya bahwa ada perbedaan antara variabel penggunaan media pembelajaran macromedia flash dengan variabel penggunaan media pembelajaran manual.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 12/S2 Administrasi Pendidikan/2024
Uncontrolled Keywords: huruf hiragana, macromedia flash, pengembangan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:29
Last Modified: 20 Feb 2025 07:29
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item