RUSPRIANTI, NI WAYAN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIRAGANA DI LPK JIEMA KOTA METRO. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (4kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR REFERENSI.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Tujuan pengembangan Menghasilkan media pembelajaran macromedia flash dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf hiragana. Mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran macromedia flash dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf hiragana. Mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran macromedia flash dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf hiragana. Dan mengetahui tingkat kefektifan media pembelajaran macromedia flash dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf hiragana di LPK Jiema Kota Metro. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi Analisis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan cara mengelompokan jenis-jenis data yang diperoleh sehingga peneliti mudah memahami data dan menarik kesimpulan. Dalam pengembangan ini produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran macromedia flash pada materi huruf hiragana dalam bentuk aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran macromedia flash pada materi menulis huruf hiragana yang dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta pelatihan dalam proses kegiatan pembelajaran. Hal ini terlihat dari persentase uji ahli media sebesar 91,3%, pada uji ahli materi sebesar 89,8%, dan uji soal sebesar 89,7 dari ketiga uji validator tersebut ketiga uji masuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran macromedia flash yang dikembangkan sangat praktis. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji respons peserta pelatihan diperoleh nilai rata-rata dari ketiga aspek tersebut yaitu sebesar 99,7% dengan kategori sangat baik. Dari hasil uji respons instruktur pelatihan diperoleh nilai rata-rata dari ketiga aspek tersebut yaitu sebesar 95,9% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran macromedia flash yang dikembangkan sangat efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t-test: two-sample assuming equal variances pada nilai posttest dua kelompok kelas peserta pelatihan bahwa nilai t hitung sebesar 4,69 dan t tabel uji dua pihak sebesar 2,01 sehingga dapat disimpulkan bahwa t hitung >t tabel (4,69>2,01), artinya bahwa ada perbedaan antara variabel penggunaan media pembelajaran macromedia flash dengan variabel penggunaan media pembelajaran manual.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 12/S2 Administrasi Pendidikan/2024 |
Uncontrolled Keywords: | huruf hiragana, macromedia flash, pengembangan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 07:29 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:29 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3483 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |