SARI, INDAH AYU PUSPITA (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT ASSYAFI’IYAH BERKAH NASIONAL DI KOTAGAJAH LAMPUNG TENGAH. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Dalam mencapai strategi pemsaran yang tepat dan terbaik untuk di terapkan, salah satunya perusahaan dapat melihat dari faktor bauran pemasaran. Hal tersebut penting karena bauran pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian suatu produk. Jika perusahaan tidak peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh konsumen, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan akan kehilangan banyak kesempatan untuk menjaring konsumen dan produk yang ditawarkan akan sia - sia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran pada BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional berdasarkan analisis SWOT dan untuk mengetahui tentang strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah yang dilakukan oleh BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan tehnik observasi, wawancara, studi dokumentasi dan diskusi kelompok terarah. Kemudian dalam analisa data menggunkan analisis deskriptif yang dilakukan untuk mengidentifikasi strategi pemsaran produk pembiayaan murabahah pada BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional di kotagajah yang berdasrkan analisis SWOT. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu: 1) Strategi pemasaran khususnya pemasaran produk pembiayaan murabahah yang diterapkan oleh BMT Assyafi’iyah kotagajah meliputi beberapa strategi, yakni strategi jemput bola, membangun jaringan, memberikan service excellent, dan memberikan fasilitas yang memuaskan untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan nasabah, sehingga nasabah yang ada tidak akan lari dari BMT. 2) Hasil analisis SWOT menyebutkan bahwa BMT Assyafi’iyah kotagajah sudah bisa bersaing di pasar persaingan yang kompetitif. Hasil analisis SWOT nya pun hampir memiliki kesamaan dengan BMT pada umumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 055/S1 MANAJEMEN/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Strategi pemasaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi 600 Ilmu Terapan > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Lina Septriani S |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 07:10 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 07:10 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |