PATTI, RICKSA RISALAH (2022) PENGARUH KINERJA GURU DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF DI SMAN 1 SEPUTIH AGUNG LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
abstrak.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (698kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAPUS.pdf Download (385kB) | Preview |
Abstract
Seorang guru yang baik adalah guru yang mampu mewujudkan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan membuat peserta didik merasa nyaman. Dengan kinerja yang baik dan memanfaatkan fasilitas pembelajaran, akan mendapatkan hasil pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui besarnya pengaruh kinerja guru terhadap pembelajaran efektif, (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap pembelajaran efektif, dan (3) Untuk mengetahui besarnya kinerja guru dan fasilitas pembelajaran secara bersama-sama terhadap pembelajaran efektif. Populasi sebanyak 62 dan sampel diambil dengan teknik acak dengan memperhatikan tingkat strata yang kurang proporsional. Sampel yang digunakan sebanyak 38 responden ditetapkan jumlahnya dengan menggunakan rumus Slovin. Pengambilan data ini dengan angket dan menggunakan regresi sebagai alat bantu penelitian. Hasil analisis penelitian adalah (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja guru terhadap pembelajaran efektif di SMAN 1 Seputih Agung Lampung, sebesar 79,0% dengan persamaan regresi Ŷ = 6,345 + 0,797X1. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas pembelajaran terhadap pembelajaran efektif di SMAN 1 Seputih Agung Lampung, sebesar 74,1% dengan persamaan regresi Ŷ = 23,281 + 1,131X2. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja guru dan fasilitas pembelajaran secara bersama-sama terhadap pembelajaran efektif di SMAN 1 Seputih Agung Lampung sebesar 92,0% dengan persamaan regresi Ŷ = 0,891 + 0,508X1 + 0,635X2. Dengan demikian hasil penelitian ini menjelaskan kinerja guru dan fasilitas pembelajaran berpengaruh positif terhadap pembelajaran efektif. Peneliti menyimpulkan bahwa kinerja guru dan fasilitas pembelajaran dapat meningkatkan pembelajaran efektif, sehingga kinerja guru dan fasilitas pembelajaran jika dilaksanakan dengan maksimal maka pembelajaran efektif akan semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 008/2022/S2 Manajemen Pendidikan |
Uncontrolled Keywords: | kinerja guru, fasilitas pembelajaran, dan pembelajaran efektif |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | intan arum sari |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 02:48 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 03:03 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1805 |
Actions (login required)
View Item |