LASMINI, WAYAN LOH (2022) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BINA DIRI ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER MELALUI METODE APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS DI SLB INSAN MADANI METRO TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
abstrak.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
Cover (1).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (285kB) | Preview |
Abstract
Definisi Gangguan spektrum autisme (ASD) adalah gangguan perkembangan saraf yang ditandai dengan defisit dalam komunikasi sosial dan adanya minat terbatas dan perilaku berulang . Bina diri mengacu pada kegiatan yag bersifat pribadi tetapi memiliki dampak dan berkaitan dengan Human Relationship. Applied Behavior Analysis (ABA) adalah ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip yang diperoleh secara eksperimental perilaku sosial untuk meningkatkan perilaku yang signifikan. Penelitian yang dilakukan desain kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara dan observasi. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode dan waktu. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pada tahap perencanaan metode Applied Behavior Analysis dalam mengembangkan kemampuan bina diri anak Autism Spectrum Disorder yaitu melakukan need-asessment. Didalam need-asesment dilakukan identifikasi yaitu melakukan skrining selama 1-2 minggu dengan melakukan interview kepada orang tua, observasi kepada anak dan dibantu dengan tes yaitu CARS (Chilhood Autism Rating Scale) dan M-CHAT. Penegakan diagnosis dan memberikan program khusus yaitu Applied Behavior Analysis (ABA). (2) Pada tahap pelaksanaan metode Applied Behavior Analysis dalam mengembangkan kemampuan bina diri anak Autism Spectrum Disorser (ASD) Terapi ABA dengan menggunakan teknik yaitu Dicrete Trial Trining (DTT) dari instruksi, Promt, feedback dan renforcement. (3) Hasil pelaksanaan metode ABA yaitu terdapat anak autis yang sudah memiliki kemampuan bina diri yang baik, seperti O, K, H dan D. (5) Evaluasi yang dilakukan oleh psikolog dilakukan selama pertiga bulan sekali dengan berdasarkan catatan dari guru kemudian diberikan kepada psikolog tentang kemampuan anak yang sudah menunukan progres atau kemajuan setelah itu disinkronkan dengan program khusus yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 022/Bimbingan Konseling/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Bina Diri, Autism Spectrum Disorder, Applied Behavior Analysis. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Tri Kris Krisniati |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 03:04 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 03:04 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1492 |
Actions (login required)
View Item |