SELVIANA, YENI (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBENTUK LEAFLET TERINTEGRASI NILAI ISLAM PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS VII SMPN 6 TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
abstrak.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (871kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (205kB) | Preview |
Abstract
Bahan ajar menjadi bagian penting sebagai sumber belajar. Bahan ajar juga menjadi seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang digunakan oleh guru maupun peserta didik sebagai pedoman dalam proses pembelajaran. Proses belajar mengajar di SMPN 6 Terbanggi Besar kelas VII D pelajaran IPS Terpadu semester genap dari tahun ke tahun sulit dipahami. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di sekolah tersebut, tentunya diperlukan suatu inovasi dalam proses pembelajaran di kelas agar dapat meningkatkan pemahaman pada materi dan memotivasi peserta didik dalam belajar ekonomi. Oleh karena itu perlu adanya suatu pengembangan bahan ajar IPS Terpadu yang mampu meningkatkan pemahaman pada materi dan memotivasi peserta didik dalam belajar IPS Terpadu khususnya pada materi kegiatan ekonomi. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar IPS Terpadu berbentuk leaflet terintegrasi nilai islam pada materi kegiatan ekonomi yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Bahan ajar ini divalidasi oleh tiga ahli yaitu ahli media, ahli agama dan ahli materi, serta diuji cobakan kepada peserta didik sebanyak 25 orang untuk mengetahui respon peserta didik. Hasil validasi media yaitu sebesar 92,8% dan dinyatakan sangat kuat atau sangat valid. Hasil validasi agama yaitu sebesar 96,3% dan dinyatakan sangat kuat atau sangat valid. Hasil validasi materi yaitu sebesar 94,6% dan dinyatakan sangat kuat atau sangat valid. Serta hasil respon peserta didik sebesar 94,6% sehingga dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan hasil presentase yang telah diperoleh peneliti menunjukkan bahwa bahan ajar IPS leaflet terintegrasi nilai islam yang dikembangkan valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 012/S1 Pendidikan Ekonomi/2022 |
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Leaflet, Terintegrasi Nilai Islam |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Tri Kris Krisniati |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 06:44 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 06:44 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1412 |
Actions (login required)
View Item |