avianti, firda (2021) PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKTIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH LAMPUNG SELATAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan dalam proses pembelajaran pendidik dituntut mengubah pola pembelajaran, tidak hanya terfokus pada pendidik tetapi peserta didik juga harus berperan aktif, peserta didik dapat menafsirkan, menerjemahkan, bekerja sama, atau menyatakan pendapat dengan percaya diri. Salah satu alternatif agar pembelajaran mampu membuat peserta didik lebih aktif serta dapat mengungkapkan gagasannya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) dalam proses kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Think (Berfikir), Pair (Berpasangan), Share (Berbagi) dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan afektif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diterapkan pendekatan kooperatif tipe Think (Berfikir), Pair (Berpasangan), Share (Berbagi) di kelas X IPA MA Al-Fatah Lampung Selatan pada tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilakukan dengan menggunakan dua siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu untuk menjelaskan gambaran mengenai kondisi dengan cara menghitung presentase akhir siklus, angket dan nilai. Sedangkan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Al-Fatah Lampung Selatan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa peningkatan kemampuan afektif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Think (Berfikir), Pair (Berpasangan), Share (Berbagi) dapat meningkatkan hasil uji soal dengan nilai diatas KKM yaitu 7,5 dengan minat belajar peserta didik yang tergolong tinggi dengan presentase 90 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 029/FAI/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Metode Think Pair Share, Meningkatkan Kemampuan Afektif, Peserta Didik |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 01:29 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 01:29 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1323 |
Actions (login required)
View Item |