dwi ranti, rika (2021) PERAN KELOMPOK KERJA GURU TAMAN KANAK KANAK GUGUS RA KARTINI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DI KECAMATAN TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan pada jenjang taman kanak-kanak menjadi komitmen pemerintah yang harus diwujudkan secara nyata. Salah satu langkah yang ditempuh pemerintah dengan meningkatkan kualitas guru, karena guru adalah salah satu pilar tempat menentukan keberhasilan dari aktifitas pendidikan yang harus diberikan perhatian, mengingat keberhasilan proses pembelajaran sangat sulit tercapai apabila profesionalisme guru rendah. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan berbagai masalah yang muncul di gugus RA.Kartini terhadap profesionalisme guru antara lain: Minimnya sumber daya manusia yang dapat diandalkan dari kegiatan yang berlangsung, Rendahnya animo para guru terhadap program kerja yang disusun sehingga tingkat partisipasi menjadi rendah, Kegiatan KKG secara signifikan belum dapat meningkatkan profesionalisme guru. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Peran kelompok kerja guru terhadap peningkatan profesionalisme guru (2) Peningkatan kompetensi profesional melalui kelompok kerja guru dan (3) Kendala dan solusi dalam meningkatkan profesionalisme guru Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Kerja Guru Gugus RA.Kartini Kecamatan Trimurjo,Kabupaten Lampung Tengah , tanggal 01 Oktober sampai 31 Maret 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 9 informan dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi, Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi (metode dan sumber). Analisis data diperoleh dengan menggunakan prosedur analisa data sebagai berikut: (1) Pengumpulan data penelitian, (2) Reduksi data Penelitian, (3) Display data penelitian, (4) Verikasi data dan penarikan kesimpulan. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Peran Kelompok Kerja Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional belum berjalan efektif, hal ini dapat dilihat dari proses peran kelompok kerja guru yang belum maksimal. Jika kelompok kerja guru sudah berjalan dengan baik akan sangat membantu meningkatkan keprofesionalan guru yang akan berpengaruh kepada proses kegiatan belajar mengajar yang bermutu.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 009/PASCA MANAJEMEN PENDIDIKAN/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Profesional, Kelompok Kerja Guru |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | M Derie Santana |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 06:15 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 06:15 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1266 |
Actions (login required)
View Item |