Prasetyo, Alif Ilham Bimo (2021) APLIKASI PENGARSIPAN DOKUMEN PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KOTA METRO BERBASIS DESKTOP. Tugas Akhir (D3) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Metro merupakan lembaga non departemen yang langsung di bawah koordinasi dan bertanggung jawab kepada Kepala Daerah. Selain itu, BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan keberadaannya sebagai unsur penunjang pemerintah dibidang perencanaan pembangunan daerah. Berdasarkan hasil pengamatan proses pengarsipan surat di Kantor BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Metro, Maka penulis merekomendasikan agar dapat meningkatkan kualitas pengarsipan dokumen guna memudahkan segala pengelolaan dokumen-dokumen surat masuk agar lebih mudah dan terjamin terekamnya informasi yang terkandung dalam lembaran arsip dengan melalui aplikasi surat masuk sebagai media pelayanan arsip dokumen surat yang paling tepat dan dapat mempermudah BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Metro agar lebih aman dibandingkan dengan pengarsipan dokumen secara manual. pengelolaan arsip di BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah). Pengamatan selama KKP di bappeeda Kota Metro masih menyimpan berkas secara manual dan tentunya akan beresiko kemungkinan terjadinya kerusakan berkas dan hilangnya berkas serta manajemen arsip yang sulit ditemukan jika sudah banyaknya arsip yang dikelola. Dalam pengarsipan dokumen surat yang ada di Kantor BAPPEDA Kota Metro memiliki kekurangan salah satu contohnya hilangnya berkas, kerusakan berkas dan lain sebagainya. Pengarsipan dokumen seperti surat menyurat tentunya harus sesuai dengan apa adanya tanpa ada perubahan apapun yang dapat menimbulkan ketidak jujuran dan penyelewengan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melalakukan pengarsipan dokumen dengan mudah menggunakan sistem yang mampu menyimpan data pengarsipan, menghapus, mengedit dan menambah pengarsipan. Sistem yang memiliki menu untuk mencari data dan tombol-tombol yang di perlukan. Sistem yang mampu memberikan keluaran berupa file cetak pengarsiapan rancangan pembuatan aplikasi pengarispan dokumen surat masuk menggunakan tahapan pengembangan Metode SDLC (Software Development Life Cycle). Alat pengembangan sistem yang digunakan antara lain, dfd, erd, dan flowchart. Pembuatan aplikasi desktop termuat dalam laporan tugas akhir yang berjudul “Aplikasi pengarsipan dokumen pada badan perencanaan pembangunan daerah Kota Metro berbasis Desktop”. Aplikasi yang dibuat dalam bentuk desktop dan menggunakan fitur upload dokumen sebagai media input arsip dokumen surat serta hasil surat berbentuk gambar. Kemudian dokumen surat di scan menggunakan scanner untuk input arsip dokumen surat yang diolah oleh aplikasi sehingga akhirnya staf bappeda dapat melihat hasil dokumen yang telah diarsipkan dan dapat diunduh kembali di dalam aplikasi, kemudian data surat bisa langsung di cetak maupun disimpan berupa file pdf.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (D3)) |
---|---|
Additional Information: | 028/DIII Sistem Informasi/2021 |
Uncontrolled Keywords: | Surat; Arsip; Bappeda; Desktop; SDLC; Java; PHP; MySQL |
Subjects: | 000 Karya Umum > Ilmu Komputer |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Sistem Informasi |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 07:51 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 07:51 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1077 |
Actions (login required)
View Item |