IMPLEMENTASI PROGRAM MORNING DAY DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH AT-TANWIR METRO

FAHROJI, M. AHDAN (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM MORNING DAY DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH AT-TANWIR METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Karakter religius adalah perilaku atau sikap yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut, mematuhi pelaksanaan ibadah, serta hidup rukun terhadap sesama. Religius diartikan sebagai kunci pengatur keimanan seseorang dan peribadatan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa serta kaidah-kaidah berhubungan dengan manusia dan lingkungan. Maka dalam membentuk karakter religius itu dibutuhkan suatu program yang dapat membentuk karakter religius yaitu dengan pembiasaan apel pagi atau morning day. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Program Morning Day Di SMA Muhammadiyah At-Tanwir Metro, karakter religius apa saja yang terbentuk melalui program morning day Di SMA Muhammadiyah AtTanwir Metro, dan Faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan program morning day di SMA Muhammadiyah At-Tanwir Metro. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif berjenis fenomenologi. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Ustadz/Pengasuh, Guru, dan Peserta Didik SMA Muhammadiyah At-Tanwir Metro. Proses pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui proses Observasi (pengamatan), Interview (wawancara), dan Dokumentasi (pengambilan gambar). Teknik yang digunakan untuk analisis data pada penelitian ini adalah mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. kemudian dilakukan verifikasi untuk menuju keabsahan atau kevalidan data yang sudah didapatkan saat penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program morning day yang dilakukan setiap paginya di SMA Muhammadiyah At-Tanwir Metro dengan pembiasaan berkumpul di masjid, melaksanakan sholat dhuha berjamaah, menghafalkan ayat-ayat kauniyah tentang alam, menghafalkan kosakata bahasa arab, dan menghafal Al-Qur‟an, cukup berpengaruh terhadap pembentukan karakter religius pada diri peserta didik diantaranya peserta didik memiliki aqidah yang lurus, bertauhid yang baik, rajin melaksanakan sholat wajib lima waktu, rajin sholat sunnah tahajud, bersikap jujur dalam perkataan dan perbuatan, beribadah yang benar, melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar, berdoa sebelum dan sesudah belajar kemudian juga peserta didik akan mendapatkan kemandirian rasa tanggung jawab serta meningkatkan nilai akademik. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program morning day ini adalah peserta didik yang antusias serta sarana penunjang yang ada dan faktor penghambat dalam program ini adalah terkadang guru piket terlambat datang serta peserta didik yang kurang bersemangat.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 10/S1 Pendidikan Agama Islam/2024
Uncontrolled Keywords: Morning Day, Karakter, Religius, Pendidikan
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 26 Feb 2025 06:58
Last Modified: 26 Feb 2025 06:58
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3596

Actions (login required)

View Item View Item