STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEWUJUDKAN KESADARAN MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH METRO LAMPUNG

HANDAYANI, NOVITRI (2024) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEWUJUDKAN KESADARAN MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH METRO LAMPUNG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Strategi guru dalam penanaman pemahaman sikap moderasi beragama memang sangat penting, dimana sekarang melemahnya sikap moderat khususnya bagi peserta didik dengan mudahnya mereka berbelok kekanan dan kekiri sehingga mereka tidak mempunyai pegangan iman yang kuat. Hal ini menjadi pekerjaan utama di sekolah khususnya guru Aqidah Akhlak yang diharapkan mampu membekali pemahaman kepada remaja tingkat madrasah. Memberikan pemahaman sikap moderasi beragama mampu menjadikan kunci dan bekal penting untuk menciptakan kehidupan keagamaan yang rukun, harmonis, damai, serta keseimbangan baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, dan bernegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) Menganalisis strategi guru Aqidah Akhlak dalam mewujudkan kesadaran moderasi beragama di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Metro Lampung, (2) Menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat dalam mewujudkan kesadaran moderasi beragama, (3) Mengetahui kondisi kesadaran moderasi beragama di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Metro Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data di analis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Strategi guru Aqidah Akhlak dalam mewujudkan kesadaran moderasi beragama ialah dengan menggunakan empat strategi yaitu (a) Strategi Tradisional atau Konvensional, (b) Strategi Bebas, (c) Strategi Reflektif, dan (d) Strategi Preventif. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam mewujudkan kesadaran moderasi beragama yaitu (a) Faktor pendukungnya antara lain; dukungan dari orangtua peserta didik, kerjasama antara pihak sekolah dengan orangtua siswa, tersedianya fasilitas yang berkaitan dengan penerapan moderasi beragama. (b) Faktor penghambatnya antara lain; lingkungan yang tidak baik baik, pengaruh negatif media sosial dan kurangnya pemahaman siswa terkait sikap moderasi beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 19/S1 Pendidikan Agama Islam/2024
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembelajaran Aqidah Akhlak, Moderasi Beragama
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 26 Feb 2025 04:21
Last Modified: 26 Feb 2025 04:21
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3586

Actions (login required)

View Item View Item