ANGGRAENI, LISA MEI (2024) IMPLEMENTASI METODE TASMI’ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN KMT IMADUL BILAD. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
COVER.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71kB) | Preview |
Abstract
Menghafal Al-Qur’an bukanlah tugas perkara yang mudah. Salah satu upaya terpenting diperhatian dalam pembinaan tahfidz Al-Qur’an adalah metode, sebab metode memilki peran penting dan sangat dibutuhkan. Terdapat permasalahan yang terjadi dipondok pesantren KMT Imadul Bilad yaitu kualitas hafalan santri yang kurang maksimal dikarnakan dalam menghafal Al-Qur’an dikalangan santri adalah kurang efektifnya metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an. Maka dari itu peneliti implementasi metode tasmi dapat meningkatkan hafalan santri. Metode penelitian ini ialah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisa dengan cara memaparkan setiap data secara sistematis kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi metode tasmi’ dalam menghafal Al-Qur‟an di Ponpes KMT Imadul Bilad dilakukan sejak tahun 2021 dan dalam pelaksanaannya dilakukan selama dua kali dalam seminggu. Kemudian dalam menerapkan nya menggunakan penyimakan perorangan, penyimakan keluarga, penyimakkan dua orang, penyimakan kelompok, penyimakan sesama teman tahfidz, terakhir penyimakan terhadap ustad dan ustadzah. Faktor yang menjadi pendukung dalam melaksanakan metode tasmi ialah santri memiliki target hafalan, adanya dukungan dan motivasi dari guru kemudian yang terakhir melibatkan allah dalam segala urusan. Faktor yang menghambat ialah ayat-ayat yang panjang, manajemen waktu yang kurang baik, faktor lingkungan dan yang terakhir Kurangnya keseriusan dalam mengulang hafalan dan ujian tasmi’.Penerapan metode tasmi juga berdampak pada peningkatan hafalan siswa melalui metode tasmi sesuai data yang telah dipaparkan diatas, dimana setelah menerapkan metode siswa seluruh siswa berhasil menambah hafalan Al-Quran di setiap minggu nya, proses menghafal secara berulang dengan disimakkan kepada guru, pengasuh pondok dan terakhir ustadzah berhasil membuat mereka termotivasi untuk terus menghafal sehingga nya berdampak baik pada hafalan mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 20/S1 Pendidikan Agama Islam/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Hafalan Santri, Implementasi, Metode Tasmi. |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:13 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:13 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |