IMPLEMENTASI METODE MUROJA’AH DAN TASMI’ DALAM PENGUATAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH ABUDZAR AL-GHIFARI BATANGHARI LAMPUNG TIMUR

A’YUN, ANIS QUROTAN (2024) IMPLEMENTASI METODE MUROJA’AH DAN TASMI’ DALAM PENGUATAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH ABUDZAR AL-GHIFARI BATANGHARI LAMPUNG TIMUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Al-Qur‟an adalah kitab suci umat islam yang merupakan sumber utama ajaran islam yang berfungsi sebagai pedoman bagi kehidupan manusia. Al-Qur‟an juga firman Allah yang tidak terdapat kebathilan di dalamnya dan Al-Qur‟an merupakan mukjizat terbesar bagi Rasulullah shallallahu „alaihi wasallam. Allah subhanahu wata‟ala sudah memerintahkan agar menjaganya dari perubahan dan penggantian yaitu menghafalnya. Demikian itu di Pondok Pesantren Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari Batanghari Lampung Timur pada tahfidznya selain menggunakan metode ziyadah juga menggunakan metode muroja‟ah dan tasmi‟. Metode muroja‟ah adalah mengulang kembali atau mengingat kembali sesuatu yang telah dihafalnya. Muroja‟ah juga bisa disebut sebagai metode pengulangan berkala, ada beberapa materi pelajaran yang memang perlu untuk dihafalkan setelah dihafalkan masih perlu untuk diulang kembali atau muraja‟ah. Sedangkan metode tasmi‟ adalah memperdengarkan hafalan kepada orang lain baik kepada perseorangan maupun kepada jama‟ah. Dengan tasmi‟ ini seorang penghafal Al-Qur‟an akan diketahui kekurangan kepada dirinya, karena bisa saja dia lengah dalam mengucapkan huruf atau harakat pada ayat Al-Qur‟an. Dengan tasmi‟ seseorang akan lebih berkonsentrasi dalam hafalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode muroja‟ah dan tasmi‟ di Pondok Pesantren Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari Batanghari Lampung Timur pada santri takhasus setingkat SMP. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini menggunakan informasi yang didapat dari sasaran atau objek penelitian yang disebut dengan informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penerapan langkah-langkah metode muroja‟ah dan tasmi‟ pada penguatan kualitas hafalan Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Muhammadiyah Abudzar Al-Ghifari Batanghari Lampung Timur yakni dengan: 1) Muroja‟ah sebelum melanjutkan hafalan selanjutnya, 2) Muroja‟ah ‟amamal majelis, 3) Muroja‟ah persiapan tasmi‟. Sedangkan metode tasmi‟: 1) Tasmi‟ kenaikan juz dan, 2) Tasmi‟ akbar. Kemudian faktor penghambat, santri belum memiliki bekal hafalan dan bacaan yang baik, tidur di halaqoh, rasa malas, lupa. Sedangkan faktor pendukung, beberapa santri memiliki bekal hafalan dan bacaan yang sudah baik, tenaga pengajar yang berkualitas, motivasi dari orang tua, asatidz, teman dan diri sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 31/S1 Pendidikan Agama Islam/2024
Uncontrolled Keywords: Metode muroja‟ah dan tasmi, Al-Qur‟an, takhasus
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 25 Feb 2025 07:22
Last Modified: 25 Feb 2025 07:22
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3561

Actions (login required)

View Item View Item