JULIA, ANISA NAUFAL (2024) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANGKAL RADIKALISME DI MAN 1 LAMPUNG TIMUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
1. COVER.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 2024.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Guru Pendidikan Agama Islam dituntut untuk menerapkan pada keagamaan yang moderat agar dapat menghindarkan siswa dari paham radikalisme. Upaya ini sudah dilakukan oleh Guru Aqidah Ahklak di MAN 1 Lampung Timur dengan mengembangkan kurikulum yang memuat materi-materi pencegahan paham radikalisme. Untuk itu permasalahan penelitian ini membahas tentang kegiatan mengetahui Strategi Guru Aqidah Ahklak Dalam Menangkal Radikalisme. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif atau yang sering juga disebut (Field Reaserch). Kemudian data tersebut di uraikan, dianalisis, dan dibahas untuk menjawab permasalahan tersebut. Sumber data yang dikumpulkan adalah data primer yang diambil dari objek penelitian oleh peneliti Untuk mendapatkan data yang valid penelitian ini menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan data sekunder dapat dilakukan melalui kepustakaan bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan buku-buku yang terdapat pada perpustakaan. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui apa strategi guru Aqidah Ahklak dalam menangkal paham radikalisme yang berada di dunia Pendidikan serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam menangkal paham radikalisme di dunia pendidikan Penelitian ini menghasilkan adanya strategi guru Aqidah ahklak di MAN 1 Lampung Timur yang telah mengajarkan pembelajaran Aqidah ahklak yang menghindari dari paham radikalisme dan mengajarkan nilai-nilai toleransi materi aqidah agar siswa menjadi lebih baik dan diajarkan untuk berpengang teguh pada keyakinan memberikan arahan, motivasi dan keteladanan serta mendukung agar siswa menghindari paham radikalisme. Guru menjadi penengah diatas perbedaan pendapat. Guru menjadi teladan dalam hal toleransi dan berinisiatif mengadakan kegiatan keagamaan yang bermanfaat. Guru selalu mengevaluasi hasil belajar maupun kegiatan keagamaan, di dalam kelas guru saat mengajar menggunakan strategi konteksual ,strategi inkuiri dan strategi berbasis masalah . Adanya faktor penghambat dan pendukung yang ada di MAN 1 Lampung Timur yaitu yang dimana siswa masih susah di atur untuk berkegiatan agar terhindar dari radikaslisme itu yang sudah mulai masuk ke dunia Pendidikan sedangkan pendukungnya yaitu pihak kepala sekolah,guru dan juga di bantu oleh wali murid agar siswa terhindar dari paham radikalisme dari dunia Pendidikan maupun di dunia luar.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 35/S1 Pendidikan Agama Islam/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Aqidah Ahklak, dan Radikalisme |
Subjects: | 200 Agama > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | isna isna isna |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 06:37 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 06:37 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |