PENGARUH KECEMASAN SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ERLANGGA KOTA AGUNG TIMUR

SARI, DITA AYU INTAN (2024) PENGARUH KECEMASAN SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ERLANGGA KOTA AGUNG TIMUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024-1.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Kecemasan sosial adalah kondisi emosional yang memiliki rasa takut, cemas, serta rasa khawatir terhadap penilaian negatif terhadap dirinya ketika berinteraksi dengan orang lain maupun dari lingkungan sosialnya. Kecemasan sosial yang dialami siswa mengalami pergaulan yang terbatas dan kurang beradaptasi dengan lingkungan sosialnya karena mereka akan berpikir disaat tindakan yang mereka lakukan tidak sesuai dengan orang lain maka akan dinilai negatif atau telah melakukan hal yang memalukan. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Melihat keadaan kecemasan sosial siswa di SMP Erlangga Kota Agung Timur; 2) Melihat partisipasi siswa SMP Erlangga Kota Agung Timur pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam; dan 3) Pengaruh kecemasan sosial terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Erlangga Kota Agung Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 135 orang yang di pilih menggunakan rumus slovin sehingga mendapatkan sampel 57 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunkan uji hipotesis berupa uji T, uji Anova dan uji regresi linier sederhana. Hasil pengujian menunjukkan bahwa : 1) Kecemasan sosial siswa SMP Erlangga Kota Agung Timur pada skor tertinggi 46% dengan banyak di dominasi oleh perempuan sebesar 44% yang disebabkan oleh pengalaman traumatik sehingga mengakibatkan sulitnya berinteraksi dengan lingkungannya; 2) Siswa yang mengalami kecemasan sosial akan cenderung diam dan menghindari keterlibatannya dalam interaksi pembelajaran di dalam kelas dengan presentase tingkat keaktifan di kelas pada kategori rendah 28%, tetapi pada kedisiplinan memiliki presentase tinggi yaitu 49% selalu mengerjakan tugas dan 53% tidak pernah terlambat masuk kelas; 3) Hasil uji hipotesis pada uji t memperoleh nilai

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 41/S1 Pendidikan Agama Islam/2024
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Sosial, Partisipasi Siswa, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:03
Last Modified: 25 Feb 2025 03:03
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3535

Actions (login required)

View Item View Item