WIYANOTO, YUDI (2024) IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM KOMUNITAS BELAJAR GURU TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SMA ISLAM AL ABROR METRO LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
HALAM SAMPUL.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (52kB) | Preview |
Abstract
Salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan yang perlu segera diatasi adalah masalah pendidikan, khususnya kualitas pendidikan. Mutu pendidikan tidak dapat ditingkatkan hanya dengan perbaikan kurikulum, penambahan buku pelajaran dan penyediaan laboratorium di sekolah. Mutu pendidikan merupakan persoalan pendidikan mikro, yang berkaitan dengan kemampuan guru. Sampai saat ini, banyak guru sekolah yang fokus pada materi dan hasil pembelajaran. Banyak guru yang tidak mempertimbangkan seberapa baik proses belajar mengajar di kelas. Keberhasilan akademis, sampai saat ini hanya diukur dari nilai ujian. Jika hasil Ujian bagus maka dianggap berhasil dalam mendidik anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Lesson Study Dalam Komunitas Belajar Guru Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik di SMA Islam Al Abror Metro Lampung, Apa Saja Kendala Yang Muncul Dalam Pelaksanaan Implementasi, Serta Bagaimana Solusi Untuk Mengatasi Kendala Yang Muncul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru anggota komunitas belajar. Peneliti mengambil 3 (tiga) orang responden, yang terdiri dari tiga orang perempuan yang berperan sebagai guru model. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, dan observasi. Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti akan menggunakan triangulasi sumber dan tringulasi metode. Adapun analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Lesson Study memiliki peran dalam meningkatkan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat menjadi seorang guru yang berkualitas. Selain itu, kegiatan lesson study juga memberikan dampak positif bagi peserta didik dimana peserta didik dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran, minat belajar peserta didik terus meningkat, peserta didik menjadi lebih percaya diri ketika mengungkapkan gagasan baik secara lisan maupun tulisan. Hal tersebut dapat meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran, sehingga tercipta proses pembelajaran yang berkualitas. Demikian dapat disimpulkan bahwa, lesson study sebagai pengupayaan peningkatan kompetensi pedagogik guru anggota komunitas belajar berlangsung dengan baik dan perlu dikembangkan secara berkelanjutan guna meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Peneliti melakukan wawancara dengan guru model yang sudah melaksanakan lesson study. Berdasarkan hasil wawancara tersebut lesson study di SMA Islam Al Abror Metro mendapat respon positif dan dukungan dari banyak kalangan, baik seluruh civitas sekolah, para pengawas, kepala sekolah, guru-guru anggota komunitas belajar dalam rangka pengupayaan peningkatan kompetensi guru sehingga sampai saat ini tiap guru mata pelajaran sudah mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Additional Information: | 032/S2 Adminitrasi Pendidikan/2024 |
Uncontrolled Keywords: | lesson study, kompetensi pedagogik, komunitas belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | barkah barkah barkah |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 03:46 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 06:56 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |