PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PROGRAM PRODUKTIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

FIDIYATI, FIDIYATI (2024) PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PROGRAM PRODUKTIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK 2024.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover-2.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengintegrasikan aspek disiplin, motivasi, dan hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Terbanggi Besar sebagai fokus utamanya. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk menggambarkan peran penting disiplin, motivasi, dan pencapaian akademik dalam konteks program produktif di sekolah tersebut. Penelitian juga menetapkan tujuan khusus untuk mengukur seberapa besar kontribusi disiplin dan motivasi terhadap hasil belajar siswa, menggunakan sampel yang mencakup 87 siswa sebagai representasi dari populasi sebanyak 617 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket yang mengumpulkan informasi tentang disiplin, motivasi, dan pencapaian akademik, serta dokumentasi hasil belajar. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, heteroskedastisitas, dan multikolinearitas, serta regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara disiplin dan motivasi terhadap hasil belajar program produktif, dengan nilai Fhitung yang signifikan (6,665 > Ftabel 3,11). Kontribusi efektif disiplin terhadap hasil belajar adalah sebesar 6,66%, sedangkan motivasi menyumbang sebesar 6,70%. Secara spesifik, disiplin juga memengaruhi hasil belajar mata pelajaran program produktif dengan nilai thitung sebesar 2,448 dan motivasi dengan thitung sebesar 2,467. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran program produktif. Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran program produktif. Ada pengaruh yang signifikan antara disiplin dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran program produktif.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 34/S2 Administrasi Pendidikan/2024
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Tri Kris Krisniati
Date Deposited: 19 Feb 2025 02:45
Last Modified: 19 Feb 2025 02:45
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3417

Actions (login required)

View Item View Item