IMPLEMENTASI SISTEM PENCEGAHAN CYBERBULLYING TERHADAP KEAMANAN DAN KENYAMANAN PEMBELAJARAN SISWA DI SMKN 1 NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN PROVISI LAMPUNG

YUSUF, MUHAMMAD (2024) IMPLEMENTASI SISTEM PENCEGAHAN CYBERBULLYING TERHADAP KEAMANAN DAN KENYAMANAN PEMBELAJARAN SISWA DI SMKN 1 NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN PROVISI LAMPUNG. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER TESIS YUSUF.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Tesis Yusuf.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III tesis yusuf.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V tesis yusuf.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR TESIS YUSUF.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan berbagai strategi dalam mencegah terjadinya cyberbullying, serta bagaimana keamanan dan kenyamanan dalam proses pembelajaran siswa dapat terjaga, termasuk juga analisis tentang pengaruh cyberbullying terhadap faktor-faktor tersebut, serta tantangan dan solusi yang ada. Dalam penelitian yang bersifat kualitatif ini, pendekatan metodologinya menggunakan teknik yang menghasilkan data dalam bentuk deskriptif, baik berupa teks tertulis maupun verbal yang diperoleh dari observasi langsung terhadap individu dan perilaku mereka. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti akan melibatkan berbagai pihak dalam wawancara, termasuk Wakil Kepala Kurikulum, Kepala BK, Staf TU, Wakil Kepala Kesiswaan, komite orang tua siswa, serta siswa itu sendiri. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pencegahan cyberbullying dalam dunia pendidikan melibatkan sejumlah langkah strategis untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan nyaman bagi siswa. Salah satu aspek krusial dari sistem ini adalah edukasi, di mana seminar dan workshop yang dirancang untuk siswa, orang tua, serta guru menjadi bagian penting untuk meningkatkan pemahaman tentang bahaya dan dampak dari cyberbullying. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa materi terkait cyberbullying sebaiknya diintegrasikan dalam kurikulum sekolah agar informasi ini dapat disampaikan secara konsisten sepanjang proses pendidikan.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 42/S2 Administrasi Pendidikan/2024
Uncontrolled Keywords: sistem pencegahan cyberbullying, keamanan, kenyamanan pembelajaran siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 19 Feb 2025 02:07
Last Modified: 19 Feb 2025 02:07
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3404

Actions (login required)

View Item View Item