IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI SMK NEGERI 2 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH

WAGIMAN, WAGIMAN (2024) IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI SMK NEGERI 2 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 2024.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kepala sekolah berperan dalam meningkatkan kepuasan kerja para guru di SMK Negeri 2 Terbangi Besar, yang terletak di Lampung Tengah. Dalam konteks ini, supervisi mencakup berbagai aktivitas seperti pengawasan, penilaian, dan pembinaan yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang dilakukan oleh para pendidik. Untuk penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi terkait. Validitas data diperiksa melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan supervisi yang dilakukan kepala SMK Negeri 2 Terbanggi Besar disusun secara terstruktur dan berkelanjutan. Program tersebut dilaksanakan setiap semester dan disusun dalam bentuk raport. Sebelum melaksanakan kegiatan supervisi kepala sekolah harus menyiapkan instrumen penilaian, pedoman penskoran, melakukan penjadwalan supervisi, sosialisasi kepada guru mengenai pelaksanaan supervisi, melakukan supervisi, mengadakan refleksi dan evaluasi pembelajaran dan menganalisis hasil dari penskoran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru yang sudah melampaui kriteria tergolong kategori aman. Akan tetapi tidak memungkiri ada beberapa guru yang membutuhkan bimbingan sehingga diprogramkan melaksanakan kegiatan guru belajar secara khusus seperti diikutkan pelatihan, workshop, magang, studi banding, dan lain-lain. Hal ini guna meningkatkan kualitas kinerja guru, kepuasan guru agar mampu mengupgrade kemampuan diri.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 44/S2 Administrasi Pendidikan/2024
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja Guru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Administrasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: isna isna isna
Date Deposited: 19 Feb 2025 01:41
Last Modified: 19 Feb 2025 01:41
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3396

Actions (login required)

View Item View Item