PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Novianti, Ni Kadek Dewi (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam proses pembelajaran Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experimental (Eksperimen semu) yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvesional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), dilakukan di kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 di SMA Negeri 1 Rumbia. Data penelitian diperoleh dari lembar tes dan observasi setiap akhir pembelajaran. Ratarata hasil belajar kognitif kelas eksperimen 80% dan kelas kontrol 63,83%. Rata-rata hasil belajar psikomotorik kelas eksperimen 80,46% dan kelas eksperimen 75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Creators:
CreatorsNIM/NPMEmail
Novianti, Ni Kadek Dewinim16320049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSantoso, Handokonidn0023126010UNSPECIFIED
Thesis advisorLepiyanto, Agilnidn0212028502UNSPECIFIED
Thesis advisorMuhfahroyin, Muhfahroyinnidn0027086201UNSPECIFIED
Additional Information: 017/Pend. Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), Hasil Belajar peserta didik
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dharma Eko Prasetyawan
Date Deposited: 10 Dec 2020 04:02
Last Modified: 10 Dec 2020 04:02
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item View Item