HARYANTI, REGITA (2024) ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA IKM (INDUSTRI KECIL MENENGAH) KERAJIAN TRADISIONAL ALLYSIA TAPIS LAMPUNG DI KELURAHAN YOSODADI-METRO TIMUR DI TENGAH PERSAINGAN BISNIS. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
Abstrak 2024-4.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER-2.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I-2.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III-2.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V-2.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR LITERATUR.pdf Download (113kB) | Preview |
Abstract
Industri Kerajinan Tradisional, khususnya Industri Kecil Menengah (IKM) Allysa Tapis Lampung, menghadapi tantangan persaingan bisnis dan keberlanjutan bisnis mereka di tengah perubahan dinamis dalam lingkungan bisnis dan preferensi konsumen yang beragam. Hambatan utama yang dihadapi adalah persaingan yang semakin ketat, keterbatasan akses pasar yang luas, strategi pemasaran yang kurang efektif, dan kendala dalam inovasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis pada IKM Kerajian Tradisional Allysa Tapis Lampung di Kelurahan Yosodadi-Metro Timur dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan mekanisme pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari narasumber melalui wawancara bersama pemilik usaha IKM Allysa Tapis Lampung di Yosodadi Metro Timur. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai refrensi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa IKM Kerajian Tradisional Allysa Tapis Lampung menghadapi berbagai tantangan dalam menjaga daya saingnya di pasar. Oleh karena itu, beberapa strategi bisnis diajukan, termasuk diversifikasi produk, peningkatan kualitas, ekspansi pasar, dan penguatan branding. Selain itu, upaya kolaborasi dengan pemerintah setempat dan pihak terkait lainnya juga dianggap penting untuk mendukung pertumbuhan bisnis IKM ini. Dalam strategi bisnis disimpulkan bahwa IKM Allysa Tapis Lampung dapat meningkatkan daya saingnya dengan menggunakan strategi pemasaran digital, beradaptasi dengan perubahan tren konsumen, dan melakukan analisis menyeluruh terhadap perubahan penghasilan bulanan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 26/S1 Manajemen/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi bisnis, persaingan bisnis, analisis SWOT |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Tri Kris Krisniati |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 08:15 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 02:04 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/3064 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |