PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 2 BANGUN REJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Widayati, Srinatu (2023) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 2 BANGUN REJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Semua pembaruan pendidikan yang menyangkut proses belajar mengajar harus mempertimbangkan kepala sekolah dan guru dalam arti keikutsertaannya. Pembaruan yang hanya dirumuskan di atas kertas tidak akan menuai hasil maksimal. Pada kenyataannya pendidikan bukanlah merupakan suatu upaya yang sederhana, melainkan melalui suatu kegiatan yang dinamis dan penuh tantangan. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh supervisi kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik di SMP Negeri 2 Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah yang berjumlah 35 orang dan sampel sebanyak 35 orang. Alat statistik yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabel adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan Ada pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah, dibuktikan dengan nilai thitung = 5,968 > ttabel = 1,697. Ada pengaruh Kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah, dibuktikan dengan nilai thitung = 8,092 > ttabel = 1,697. Ada pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan Kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah, dibuktikan nilai F hitung = 40,662 > Ftabel = 3,3158, sehingga Fhitung > Ftabel, sehingga hipotesis diterima. Variabel supervisi akademik kepala sekolah dan Kompetensi pedagogik guru memberikan kontribusi secara Bersama-sama terhadap variabel kinerja guru di SMP Negeri 2 Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah sebesar 61,5% dan selebihnya sebanyak 38,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 012/MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN/2024
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Kompetensi Pedagogik, Supervisi Akademik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Lina Septriani S
Date Deposited: 06 Feb 2025 07:33
Last Modified: 06 Feb 2025 07:34
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2980

Actions (login required)

View Item View Item