ROHMAH, SEPTY AFDELIA (2024) ANALISIS STRATE DWI PUTRA STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA KERIPIK PISANG DWI PUTRA DENGAN PENDEKATAN SWOT DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT USAHA PADA KERIPIK PISANG DI KABUPATEN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Septy Afdelia Rohmah. 2024. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada Keripik Pisang Dwi Putra Dengan Pendekatan SWOT Di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Ratmono, S.E., M.M. (2) Durotun Nasikah S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha yang tepat dan dapat diterapkan bagi pengembangan usaha keripik pisang Dwi Putra, alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan oleh usaha keripik pisang Dwi Putra. Serta untuk mengetahui apakah analisis SWOT dapat meningkatkan pengembangan usaha keripik pisang Dwi Putra. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, kemudian sampel pada penelitian ini adalah menggunakan random sampling yaitu sampel yang digunakan oleh peneliti apabila populasi dari sampel yang diambil merupakan populasi homogeny yaitu mengandung satu ciri saja. Dengan demikian penulis mengambil sampel yaitu satu pemilik usaha, manajer, tiga karyawan dan tiga konsumen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil pembobotan faktor internal dan eksternal dapat disimpulkan bahwa total skor yang diperoleh dari faktor internal yaitu 3,082, sedangakan skor faktor eksternal yaitu 2,799. Berdasarkan diagram analisis SWOT posisi strategi pengembangan usaha keripik pisang Dwi Putra berada pada kuadran I, maka strategi yang difokuskan bagi pengembangan usaha yaitu menggunakan strategi S-O yaitu strategi yang menggunakan seluruh kekuatan internal pada usaha untuk memanfaatkan berbagai peluang eksternal, artinya organisasi dalam kondisi prima namun menghadapi sejumlah tantangan berat sehingga diperkirakan roda organisasi akan mengalami kesulitan untuk terus berputar bila hanya bertumpu pada strategi sebelumnya. Dengan meningkatkan dan memperkuat jaringan pemasaran, Memperbaiki sistem manajemen usaha, Mengupayakan ketersedian bahan baku utaman dengan kontinu, Melakukan efesiensi bahan produksi, Melakukan mengembangkan atau diversifikasi produk untuk menghadapi barang subtitusi yang tinggi, dan Memperluas daerah pemasaran agar konsumen lebih mengenal keriping pisang Dwi Putra.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 013/S1 Manajemen/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengembangan, Kuantitatif, Analisis SWOT, IFE, EFE |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 07 May 2024 07:06 |
Last Modified: | 07 May 2024 07:06 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2932 |
Actions (login required)
View Item |