UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 METRO

Putri, Ajeng Gustiani (2023) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Putri, Gustiani, Ajeng. 2023. Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Ketreampilan Sosial Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 1 Metro. Skripsi. Jurusan Ilmu Pendidikan. Program Studi Bimbingan dan Konseling. FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Hadi Pranoto, M.Pd., (II) Mudaim,M.Si. Kata Kunci: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Ketreampilan Sosial Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Metro Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik, dalam perencanaan layanan bimbingan dan konseling, pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, serta evaluasi dalam layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek guru bimbingan dan konseling dan peserta didik kelas VII. Data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi kepada guru bimbingan dan konseling serta peserta didik sebagai subjek penelitian. analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Kesimpulan dalam penelitian upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik yaitu (1) perencanaan layanan oleh guru bimbingan dan konseling dengan melakukan need assessmen yang terdiri dari aspek bidang pribadi, sosial, belajar dan karir serta instrument yang digunakan berupa angket dan sosiometri. (2) pelaksanaan layanan guru bimbingan dan konseling menggunakan jenis layanan bimbingan klasikal, dengan teknik role playing (bermain peran), dan media yang digunakan berupa vidio. (3) pelaksanaan evaluasi hasil oleh guru bimbingan dan konseling untuk melakukan pengukuran terkait kesesuaian teknik, media dan respon peserta didik saat pelaksanaan layanan sebagi bentuk evaluasi proses dan evaluasi hasil yaitu dengan melakukan pengukuran terkait pemaaman peserta didik terkait materi yang telah disampaikan dengan menggunakan instrumen sesuai dengan panduan BK berupa lembar pertanyaan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 016/Bimbingan & Konseling/2023
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Ketreampilan Sosial Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Metro
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:48
Last Modified: 26 Feb 2024 07:48
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2836

Actions (login required)

View Item View Item