PENGEMBANGAN MEDIA POSTER DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUALPADA MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI MAN 1 METRO

Rofingah, Khulli Yatur (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POSTER DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUALPADA MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI MAN 1 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rofingah, Khulli Yatur. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital Berbasis Pendekatan KontekstualPada Materi Pokok Ketenagakerjaan Kelas XI MA Negeri 1 Metro. Skripsi. Jurusan Pendidikan IPS. Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Tiara Anggia Dewi, M.Pd. (2) Fajri Arif Wibawa S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbentuk poster digital yang berbasis pendekatan kontekstual pada materi ketenagakerjaan yang valid dan praktis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang merupakan singkatan dari Analisis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Untuk menghasilkan produk yang valid dan praktis maka pada penelitian ini terdapat tahap validasi dan uji coba produk. Pada tahap validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi untuk mengukur kelayakan produk yang telah dihasilkan dengan mengisi angket validasi berjumlah 20 butir pernyataan . Sedangkan tahap uji coba produk dilakukan untuk mengukur kepraktisan produk.Uji coba produk dilakukan pada kelompok kecil yakni di kelas XI IPS 2 MAN 1 Metro yang berjumlah 35 peserta didik dengan mengisi angket kepraktisan sebanyak 15 butir pernyataan. Hasil analisis data menunjukan bahwa media pembelajaran Poster Digital Berbasis Pendekatan Kontekstual dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan. Produk valid diperoleh dari hasil angket para ahli, diantaranya dari ahli media memperoleh rata-rata 3,7 dengan presentase sebesar 74% yang termasuk pada kriteria kuat sedangkan dari ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 4,8 dengan presentase sebesar 96% dengan kriteria sangat kuat. Artinya dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Poster Digital Berbasis Pendekatan Kontekstual dinyatakan layak atau valid untuk diuji cobakan kepada peserta didik.Kemudian pada uji coba produkyang diberikan kepada 35 orang peserta didik kelas XI IPS 2 MAN 1 Metro diperoleh hasil rata-rata sebesar 4,61 dengan presentase sebesar 92,2% yang termasuk pada kriteria sangat baik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Poster Digital, Pendekatan Kontekstual

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 002/Pendidikan Ekonomi/2023
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Poster Digital, Pendekatan Kontekstual
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:15
Last Modified: 25 Jan 2024 07:15
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2621

Actions (login required)

View Item View Item