Hidayah, Nadia Qoiriatul (2023) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS X MA MUHAMMADIYAH METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (812kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Hidayah, Nadia Qoiria. 2023. Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Mind Mapping Pada Materi Kegiatan Ekonomi Kelas X MA Muhammadiyah Metro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Tiara Anggia Dewi, M.Pd. (2) Fajri Arif Wibawa, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : E-Book, Interaktif, Mind Mapping Dalam membangun kualitas pendidikan yang lebih berkembang pendidik diharuskan memiliki keterampilan yang memadai dalam memanfaatkan media seperti mendesain media dengan lebih kreatif dan interaktif serta mengembangkan media menjadi sesuai kondisi dan kebutuhan peserta didik. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengembangkan e-book interaktif berbasis mind mapping pada materi kegiatan ekonomi kelas X MA Muhammadiyah Metro yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah jenis research and development atau penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4D karena proses pengembangannya dibagi menjadi 4 tahapan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Proses untuk menghasilkan e-book berbasis mind mapping diawali dengan tahapan validasi oleh ahli materi dan ahli media dan selanjutnya melalui proses uji coba disekolah khususnya di kelas X MA Muhammadiyah Metro untuk mengukur respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-book interaktif berbasis mind mapping dinyatan sudah valid atau layak dan praktis untuk digunakan. Produk valid didapat dari hasil angket para ahli. Validasi ahli media dengan presentase pada tahap awal sebesar 77% dengan kriteria “kuat”, dan tahap akhir sebesar 81% dengan kriteria “sangat kuat”. Hasil validasi ahli materi dengan presentase sebesar 81% dengan kriteria “sangat kuat”. Produk praktis diperoleh dari hasil angket peserta didik yang terdiri dari 19 orang dengan hasil akhir presentase sebesar 94%. Hasil analisis pengujian ahli media, ahli materi dan hasil rekapitulasi respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa e-book interaktif berbasis mind mapping yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 006/Pendidikan Ekonomi/2023 |
Uncontrolled Keywords: | E-Book, Interaktif, Mind Mapping |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi 300 Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 03:58 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 03:58 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2606 |
Actions (login required)
View Item |