ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANDAR SRIBHAWONO TAHUN AJARAN 2022/2023

Mutmainah, Siti (2023) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANDAR SRIBHAWONO TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANDAR SRIBHAWONO TAHUN AJARAN 2022/2023 Siti Mutmainah 1. 2. 3. 1 , Tiara Anggia Dewi, M.Pd. 2 , Lilian Mega Puri, S.Pd, M.Pd Progam Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Metro Progam Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Metro Progam Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Metro Email : emutsmainah@gmail.com tiara.anggia.d@gmail.com lilianmega86@gmail.com 1 2 3 ABSTRAK Fokus penelitian ini adalah faktor internal penyebab kesulitan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Bandar Sribhawono. Adapun yang menjadi tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal penyebab kesulitan belajar siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Bandar Sribhawono. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Bandar Sribhawono. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang didapatkan dari observasi, angket dan wawancara terhadap 6 informan yaitu 5 orang siswa kelas X dan satu orang guru mata pelajaran ekonomi di SMA Muhmmadiyah 1 Bandar Sribhawono. Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa, faktor internal tersebut yaitu inteligensi siswa 65%, minat belajar 65%, motivasi belajar 60% dan sikap dalam belajar memperoleh persentase paling tinggi sebesar 70%. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam penelitian ini, yaitu siswa harus lebih meningkatkan pengetahuan, minat belajar pelajaran ekonomi, siswa harus lebih meningkatkan kembali pemahaman materi dengan buku cetak ekonomi dan untuk guru mata pelajaran ekonomi hendaknya dalam belajar memperhatikan motivasi dan minat peserta didik dalam mengikuti pelajaran serta motivasi belajar ditingkatkan dengan berbagai cara seperti pemberian penguatan baik fisik maupun non-fisik. Penguatan fisik dapat dilakukan dengan memberikan hadiah atau reward sedangkan muatan non-fisik dapat dilakukan dengan memberikan motivasi melalui kata-kata atau pujian. Kata Kunci : Faktor Internal, Hasil Belajar Dan Kesulitan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 016/Pendidikan Ekonomi/2023
Uncontrolled Keywords: Faktor Internal, Hasil Belajar Dan Kesulitan Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:36
Last Modified: 24 Jan 2024 07:36
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2550

Actions (login required)

View Item View Item