PENGEMBANGAN KOMIK INTERAKTIF BERBASIS KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN KELAS VII SMP NEGERI 1 METRO

Mukti, Madina Cahya (2023) PENGEMBANGAN KOMIK INTERAKTIF BERBASIS KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN KELAS VII SMP NEGERI 1 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari pengembangan media pembelajaran komik interaktif yaitu sebagai media pembelajaran agar peserta didik dapat lebih mudah dalam memahami materi yang menyenangkan, lebih melatih fokus karena komik interaktif akan memiliki interaksi antara peserta didik dan tidak jenuh karena komik memuat banyak aktifitas yang dapat mendukung pembelajaran supaya lebih menyenangkan dan melatih fokus peserta didik serta dapat membantu menstimulasi karakter profil pelajar Pancasila kepada peserta didik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE dikarenakan lebih tersusun dan sederhana serta dalam Langkah-langkah atau proses pengerjaannya merujuk pada tahapan R&D. ADDIE adalah singkatan dari analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap utama. Pada data hasil penilaian validasi ahli media 1 orang, validasi materi 1 orang, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran komik interaktif berbasis karakter profil pelajar Pancasila menunjukkan bahwa pada validasi ahli media tahap awal memperoleh persentase sebesar 64,70% dengan kriteria “baik”, dan pada tahap akhir memperoleh persentase sebesar 85,9% dengan kriteria “sangat baik”. Pada tahap validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 91,7% dengan kriteria “sangat baik”. Kemudian pada tahap respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 92,8% dengan kriteria “sangat kuat”. Berdasarkan analisis yang telah dipaparkan sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik interaktif berbasis karakter profil pelajar Pancasila dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan. Kata kunci: Media Pembelajaran; komik Interaktif; Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 021/Pendidikan Ekonomi/2023
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Komik Interaktif, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:30
Last Modified: 24 Jan 2024 03:30
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item View Item