ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SEMESTER GENAP DI SMAN 1 TRIMURJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Pratiwi, Gita (2023) ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SEMESTER GENAP DI SMAN 1 TRIMURJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK GITA PRATIWI. 2023. Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Semester Genap di SMAN 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan IPS. Program Studi Pendidikan Sejarah. FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Dra. Hj. Sumiyatun, M.Pd. (2) Kuswono, M.Pd. Tujuan penelitian yang dicapai adalah untuk mendeskripsikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Semester Genap di SMAN 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian metode kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku-buku, literatur, wakil kepala sekolah bidang akademik, guru sejarah dan peserta didik kelas X serta sumber lain yang relevan serta mendukung penelitian ini. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) perencanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran sejarah kelas X semester genap di SMAN 1 Trimurjo tahun pelajaran 2022/2023 sudah disusun dengan baik dalam bentuk modul ajar, (2) pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran sejarah semester genap di SMAN 1 Trimurjo tahun pelajaran 2022/2023 dikategorikan berdasarkan minat peserta didik dengan elemen proses dan produk, (3) hasil penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran sejarah kelas X semester genap di SMAN 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2022/2023 sebagian sudah memenuhi kebutuhan belajar peserta didik, (4) tanggapan dan perspektif wakil kepala sekolah bidang akademik, guru sejarah dan peserta didik SMAN 1 Trimurjo bahwa pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran sejarah kelas X semester genap tahun pelajaran 2022/2023 memiliki tantangan dan hambatan tersendiri dalam penerapannya. Kata Kunci : Analisis, Pembelajaran Berdiferensiasi, Mata Pelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 002/Pendidikan Sejarah/2023
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pembelajaran Berdiferensiasi, Mata Pelajaran Sejarah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:00
Last Modified: 24 Jan 2024 03:00
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2521

Actions (login required)

View Item View Item