ANALISIS TINGKAT LITERASI SEJARAH DAN BUDAYA LOKAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA METRO

Fitriani, Devi (2023) ANALISIS TINGKAT LITERASI SEJARAH DAN BUDAYA LOKAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Devi Fitriani. 2023. Analisis Tingkat Literasi Sejarah Dan Budaya Lokal Siswa Sekolah Dasar Di Kota Metro. Skripsi Jurusan Pendidikan IPS, Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro.Pembimbing (1) Bobi Hidayat, S.Pd., M.Pd. (2) Umi Hartati, S.Pd., M.Pd. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat literasi sejarah dan budaya lokal siswa sekolah dasar di Kota Metro. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat literasi sejarah dan budaya lokal siswa sekolah dasar di Kota Metro. 3) Untuk mengetahui upaya sekolah dalam meningkatkan tingkat literasi sejarah dan budaya lokal siswa sekolah dasar di Kota Metro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek penelitian dilakukan pada siswa kelas IV di SD Negeri 6 Metro Pusat, SD Muhammadiyah Metro Pusat, SD Negeri 1 Metro Timur, SD Pertiwi Teladan. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara dan tes. Analisis data menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Tingkat literasi sejarah dan budaya lokal siswa kelas IV di SD Negeri 6 Metro Pusat, SD Muhammadiyah Metro Pusat, SD Negeri 1 Metro Timur tergolong masih tingkat rendah sedangkan di SD Pertiwi Teladan tergolong tingkat sedang. 2) Faktor yang mempengaruhi tingkat literasi sejarah dan budaya lokal ada 2 yaitu faktor penghambat meliputi siswa, tenaga pendidik, sarana dan prasarana, orang tua atau lingkungan keluarga, sedangkan faktor pendukung meliputi siswa, tenaga pendidik, sarana prasarana, program dan kegiatan di dalam proses pembelajaran, orang tua atau keluarga dan teknologi. 3) Upaya sekolah dalam meningkatkan tingkat literasi sejarah dan budaya lokal yaitu a) Guru mengenalkan, mengajari, melatih, dan mendampingi siswa dalam kegiatan literasi sejarah dan budaya lokal. b) Menyediakan guru khusus muatan lokal atau mata pelajaran pendidikan sejarah Kota Metro. c) Guru mengikuti sosialisasi yang diadakan Dinas Pendidikan Kota Metro, d) Menyediakan sarana prasarana seperti perpustakaan dengan buku bacaan literasi sejarah dan budaya lokal yang memadai, slogan atau poster dilingkungan sekolah, melengkapi alat penunjang kegiatan ekstrakulikuler seni. e) Sekolah melibatkan siswa dalam kegiatan kunjungan di tempat bersejarah, kunjungan di perpustakaan daerah, acara-acara penting seperti Hari Nasional, HUT Kota Metro dll. Kesimpulan penelitian mengenai analisis tingkat literasi sejarah dan budaya lokal siswa sekolah dasar di Kota Metro menunjukkan di SD Negeri 6 Metro Pusat, SD Muhammadiyah Metro Pusat, SD Negeri 1 Metro Timur masih tergolong tingkat rendah sedangkan di SD Pertiwi Teladan tergolong tingkat sedang. Kata Kunci: Literasi sejarah, budaya Lokal, siswa SD, Kota Metro.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 009/Pendidikan Sejarah/2023
Uncontrolled Keywords: Literasi Sejarah, Budaya Lokal, Siswa SD, Kota Metro.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > Ilmu Sejarah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:44
Last Modified: 23 Jan 2024 07:44
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2497

Actions (login required)

View Item View Item