Maharani, Maisinta (2023) ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN TEORI POLYA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 TRIMURJO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang kesalahan menyelesaikan masalah teorema pythagoras berdasarkan teori polya ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mendeskripsikan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras berdasarkan teori polya, 2) Untuk mendeskripsikan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras berdasarkan teori polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 8 SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling, dipilih 4 subjek penelitian dengan 2 subjek memiliki gaya kognitif reflektif dan 2 subjek memiliki gaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara, sedangkan instrumen yang digunakan berupa: 1) Tes gaya kognitif atau MFFT (Matching Familiar Figure Test) yang dilakukan kepada VIII SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo, 2) Tes tentang teorema pythagoras, 3) Pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 2 tahap kesalahan yang dilakukan subjek reflektif dan 3 tahap kesalahan yang dilakukan subjek impulsif. 1) Tahap kesalahan yang dilakukan subjek reflektif yakni, a) Kesalahan pada tahap merencanakan pemecahan masalah, penyebab kesalahan ini adalah siswa hanya menghafal rumus yang diberikan oleh guru sehingga siswa cepat lupa dengan rumus yang sudah diberikan, b) Kesalahan pada tahap melihat kembali, penyebab kesalahan ini adalah (1) Tidak menuliskan kesimpulan dan jawaban akhir karena terbiasa tidak menuliskan kesimpulan, (2) Waktu pengerjaan sudah habis. 2) Tahap kesalahan yang dilakukan subjek impulsif yakni, a) Kesalahan pada tahap memahami masalah, penyebab kesalahan ini adalah (1) Tidak dapat memahami kalimat soal dengan baik, (2) Tidak terbiasa dengan soal-soal cerita, (3) Soal yang diberikan dianggap sulit dikarenakan kurangnya penguasaan materi, b) Kesalahan pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, penyebab kesalahan ini adalah siswa masih kesulitan dalam proses perhitungan, c) Kesalahan pada tahap melihat kembali, penyebab kesalahan ini adalah (1) Tidak menuliskan kesimpulan dan jawaban akhir karena terbiasa tidak menuliskan kesimpulan, (2) Tidak terbiasa memeriksa kembali jawabannya. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran matematika untuk memperbanyak latihan soal yang mampu mengembangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan gaya kognitif siswa. Kata kunci : Kesalahan, teori polya, gaya kognitif, reflektif, impulsif
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 008/Pendidikan Matematika/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan, Teori Polya, Gaya Kognitif, Reflektif, Impulsif |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan 500 Ilmu Murni > Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 07:25 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:25 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2373 |
Actions (login required)
View Item |