PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA

Aulia, Fatia Rahma (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian dan pengembangan (R&D) ini adalah untuk menghasilkan produk berupa E-LKPD Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Statistika yang valid, praktis, dan efektif. Dalam penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Metro dengan subjek yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, lembar angket, dan tes. Wawancara dilakukan dengan guru dan peserta didik kelas VIII, lembar angket terdiri dari lembar validasi materi dan media serta lembar respon oleh peserta didik. Tes digunakan untuk melihat peningkatan kemampuan peserta didik selama pembelajaran setelah menggunakan E-LKPD. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk E-LKPD berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) memenuhi kriteria sangat valid berdasarkan validasi yang dilakukan 4 validator ahli dengan rata-rata persentase sebesar 89%, ratarata persentase hasil uji kepraktisan yang dilakukan oleh 10 peserta didik memenuhi kriteria sangat praktis dengan nilai sebesar 92.5% dan uji keefektifan siswa dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai pada kelas Eksperimen sebesar 73.79 dan pada kelas kontrol sebesar 66.71 sehingga dapat dikatakan bahwa ELKPD dinyatakan efektif dalam meningkatkan numerasi siswa SMP kelas VIII. Berdasarkan hasil validasi materi dan media, uji coba produk skala kecil, dan uji keefektifan dapat disimpulkan bahwa produk E-LKPD Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: AKM, E-LKPD, Pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 014/Pendidikan Matematika/2023
Uncontrolled Keywords: AKM, E-LKPD, Pengembangan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:04
Last Modified: 18 Jan 2024 03:04
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2346

Actions (login required)

View Item View Item