PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT KELAS IX SMP NEGERI 1 WAY BUNGUR

Hanifah, Lisa Irfani (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT KELAS IX SMP NEGERI 1 WAY BUNGUR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Peserta didik kesulitan dalam menggunakan bahan ajar yang ada karena bahan ajar yang digunakan memiliki kekurangan seperti bahasa yang digunakan dalam penjelasan materi sulit dipahami, materi dan contoh soalnya kurang lengkap serta kurang menarik sehingga bahan ajar yang diperlukan untuk pembelajaran matematika adalah bahan ajar yang berisi materi dan contoh soal yang lengkap dan mudah dipahami oleh peserta didik, serta menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis self organized learning environment berbantu video pembelajaran pada materi persamaan dan fungsi kuadrat yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan yaitu 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Way Bungur. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar wawancara, dan lembar angket (validasi ahli materi dan desain, serta kepraktisan produk. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, validasi dan uji coba produk. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang dapat dilihat dari persentase ahli materi sebesar 86,3% dan ahli desain sebesar 83% sehingga diperoleh rata-rata pesentase sebesar 84,7% masuk dalam kriteria sangat valid dalam hal materi seperti kelayakan isi, kebahasaan dan SOLE serta dalam hal desain seperti penyajian dan kegrafisan. Rata-rata persentase uji coba produk sebesar 88,4% masuk dalam kriteria sangat praktis dalam hal tampilan modul, penyajian materi, dan manfaat modul. Modul berbasis self organized learning environment berbantu video pembelajaran materi persamaan dan fungsi kuadrat telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis. Kata kunci: Modul, Pengembangan, Self Organized Learning Environment, Video Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 021/Pendidikan Matematika/2023
Uncontrolled Keywords: Modul, Pengembangan, Self Organized Learning Environment, Video Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:51
Last Modified: 18 Jan 2024 01:51
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2334

Actions (login required)

View Item View Item