MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN AKSESIBILITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DI MA MA’ARIF 1 PUNGGUR

Prastika, Mega Suaedah (2023) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN AKSESIBILITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DI MA MA’ARIF 1 PUNGGUR. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER MEGA.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I MEGA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III MEGA.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI MEGA.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR MEGA.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan pengelolaan perpustakaan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen perpustakaan digital, mendeskripsikan peningkatan aksesibilitas dan kualitas layanan perpustakaan, dan mendeskripsikann manajemen perpustakaan digital dalam meningkatkan aksesibilitas informasi dan kualitas layanan perpustakaan di MA Ma’arif 1 Punggur. Dengan pendekatan studi kasus, metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pada fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian sudah dilaksanakan dengan baik. Sekolah memberikan beberapa kebijakan dalam penggunaan perpustakaan digital, yaitu kebijakan terhadap sarana prasarana, kebijakan terhadap SDM baik pustakawan maupun pemustaka, kebijakan akses dan layanan perpustakaan. 2) Sebelum ada perpustakaan digital, akses koleksi buku cenderung lambat sebab hanya bisa dilakukan saat jam sekolah. Adapun setelahnya, informasi menjadi lebih mudah melalui web perpustakaan digital tanpa batasan ruang dan waktu. 3) Pada layanan sirkulasi, tidak ada perubahan pada peminjaman dan pengembalian buku, baik sesudah maupun sebelum. Namun setelah ada digitalisasi, pemustaka dapat melihat deskripsi buku pada katalog digital. Untuk layanan referensi, bimbingan dan arahan pemanfaatan koleksi dilakukan dengan interaksi langsung antara pustakawan danpemustaka. Adapun setelahnya untuk pengenalan pertama, pustakawan memberikan bimbingan dan arahan penggunaan perpustakaan digital, selanjutnya pemustaka dapat mencari sumber referensi secara mandiri melalui android maupun laptop. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa manajemen perpustakaan digital yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian sudah dijalankan dengan baik, meskipun belum optimal. Adapun penggunaan perpustakaan digital menyebabkan beberapa perubahan pada aksesibilitas informasi dan kualitas layanan perpustakaan di MA Ma’arif 1 Punggur.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 17/S2 Administrasi Pendidikan / 2023
Uncontrolled Keywords: manajemen perpustakaan digital; aksesiblitas informasi; layananperpustakaan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
300 Ilmu Sosial > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Lina Septriani S
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:15
Last Modified: 02 Jan 2024 04:15
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2312

Actions (login required)

View Item View Item