Widyastuti, Putu Eka (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DILENGKAPI DENGAN SOAL HOTS PADA MATERI OPTIK. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (901kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Widyastuti, Putu Eka. 2023. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Masalah Menggunakan Macromedia Flash Dilengkapi dengan Soal HOTS pada Materi Optik. Skripsi Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Dr. Nyoto Suseno., M.Si. (2) Riswanto M.Pd., Si. Kata Kunci: HOTS, Optik, Media Interaktif Pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang mempelajari tentang sifat, konsep, dan gejala-gejala yang ada di alam. Media pembelajaran dapat membantu guru dalam kegiatan pembelajaran, karena penggunaan media dapat mendorong siswa untuk melibatkan diri agar lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga penggunaan media sangat membantu guru dalam menyampaikan isi pembelajaran, diperlukan media berupa multimedia interaktif yang dapat menunjang pembelajaran fisika. Berdasarkan hasil prasurvey media yang digunakan pada kegiatan pembelajaran pada materi fisika adalah LKS dan soal latihan yang diberikan oleh guru, sebagian siswa merasa bosan dan kurang tertarik dikarenakan siswa hanya mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan. Maka perlu dikembangkan sebuah multimedia interaktif agar siswa tertarik untuk mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif serta mengetahui respon siswa. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan yang terdiri dari: Analysis, Desaign, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Hasil validasi yang dilakukan menunjukkan bahwa media didapat hasil rata-rata sebesar 94%, sehingga media pembelajaran interaktif yang dikembangkan termasuk kedalam kriteria sangat layak. Hasil uji coba terhadap respon siswa didapatkan hasil rata-rata sebesar 83% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil pembahasan mengenai pengembangan media pembelajaran interaktif media yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran, kekurangannya hanya bisa diakses melalui komputer, kelebihannya mudah digunakan, menu lengkap, panduan mudah dipahami, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Saran penggunaan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan untuk penelitian lanjutan supaya dapat lebih meningkatan lagi minat belajar, dan sebagai media yang membantu dalam proses belajar yang bersifat edutaiment (edukatif entertaiment).
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 002/Pendidikan Fisika/2023 |
Uncontrolled Keywords: | HOTS, Optik, Media Interaktif |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan 500 Ilmu Murni > Fisika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 03:47 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 03:47 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2268 |
Actions (login required)
View Item |