PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SMA NEGERI 6 METRO

Andriani, Sima (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SMA NEGERI 6 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 6 metro, untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap keterampilan proses sains kelas XI SMA Negeri 6 Metro. Penelitian ini dilakukan dengan desain true experimental design. Penentuan sampel menggunakan teknik cluter random sampling yang terpilih adalah kelas XI 1 sebagai kelas eksperimen, kelas XI 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar serta keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen observasi yang digunakan adalah kisi – kisi lembar observasi. Untuk menguji dan menganalisis hipotesis dalam penelitian Ini meggunakan uji independen t- test. Hasil penelitian terdapat pengaruh model project based learning terhadap aktivitas belajar kelas XI SMA Negeri 6 Metro yakni pada signifikasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0.000 < 0,05. Terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan proses sains kelas XI SMA Negeri 6 Metro yakni pada signifikasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0.000 < 0,05. Dari penelitian dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa adalah terdapat pengaruh positif penggunaan model project based learning terhadap aktivitas belajar yang ditunjukkan dari hasil uji hipotesis, signifikasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0.000 < 0.05. Terdapat pengaruh positif penggunaan model project based learning terhadap keterampilan proses sains, yang ditunjukkan dari hasil uji hipotesis, signifikasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0.000 < 0.05. Kata kunci: Model project based learning, aktivitas belajar, keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 006/Pendidikan Fisika/2023
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Aktivitas Belajar, Keterampilan Proses Sains
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 13 Dec 2023 02:19
Last Modified: 13 Dec 2023 02:19
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item