Andriani, Sima (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SMA NEGERI 6 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 6 metro, untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap keterampilan proses sains kelas XI SMA Negeri 6 Metro. Penelitian ini dilakukan dengan desain true experimental design. Penentuan sampel menggunakan teknik cluter random sampling yang terpilih adalah kelas XI 1 sebagai kelas eksperimen, kelas XI 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar serta keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen observasi yang digunakan adalah kisi – kisi lembar observasi. Untuk menguji dan menganalisis hipotesis dalam penelitian Ini meggunakan uji independen t- test. Hasil penelitian terdapat pengaruh model project based learning terhadap aktivitas belajar kelas XI SMA Negeri 6 Metro yakni pada signifikasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0.000 < 0,05. Terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan proses sains kelas XI SMA Negeri 6 Metro yakni pada signifikasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0.000 < 0,05. Dari penelitian dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa adalah terdapat pengaruh positif penggunaan model project based learning terhadap aktivitas belajar yang ditunjukkan dari hasil uji hipotesis, signifikasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0.000 < 0.05. Terdapat pengaruh positif penggunaan model project based learning terhadap keterampilan proses sains, yang ditunjukkan dari hasil uji hipotesis, signifikasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0.000 < 0.05. Kata kunci: Model project based learning, aktivitas belajar, keterampilan proses sains.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 006/Pendidikan Fisika/2023 |
Uncontrolled Keywords: | Model Project Based Learning, Aktivitas Belajar, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Pendidikan 500 Ilmu Murni > Fisika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Feri Apriyanto |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 02:19 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 02:19 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2264 |
Actions (login required)
View Item |