PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL 3D INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Puspita, Windi (2023) PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL 3D INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan E-modul 3D interaktif terhadap hasil belajar pada materi gelombang bunyi siswa kelas IX MA Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) menggunakan Non Equivalent Control Group. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes tertulis. Instrumen tes yang digunakan adalah tes Pilihan berganda berupa post-test yang berjumlah 10 butir soal pilihan berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MA Muhammadiyah Metro. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI AlHikmah sebanyak 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI An-Nahl sebanyak 19 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan cara teknik non probability sampling. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Independent Sample T-test dan uji N-gain score, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan hasil uji Independent Sample Ttest didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.032, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan E-modul 3D interaktif terhadap hasil belajar pada materi gelombang bunyi siswa kelas IX MA Muhammadiyah Metro, (2) berdasarkan hasil perhitungan uji N-gain score di atas, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen (EModul 3D Interaktif) adalah sebesar 0,54 termasuk dalam kategori sedang atau cukup efektif. Sementara nilai N-gain score pada kelas kontrol (Konvensional/LKS) adalah sebesar 0,30 yang termasuk ke dalam kategori rendah atau tidak efektif. Kata Kunci: E-Modul 3D Interaktif; Hasil Belajar; Gelombang

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 008/Pendidikan Fisika/2023
Uncontrolled Keywords: E-Modul 3D Interaktif, Hasil Belajar, Gelombang
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:52
Last Modified: 12 Dec 2023 07:52
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/2262

Actions (login required)

View Item View Item