PENERAPAN METODE INQUIRI DISERTAI MODEL TORSO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA WIRATAMA KOTAGAJAH PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Utami, Hartiwi (2021) PENERAPAN METODE INQUIRI DISERTAI MODEL TORSO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA WIRATAMA KOTAGAJAH PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III(1).pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Peneliti ini bertujuan:(1) Untuk mengetahui penerapan inkuiri disertai alat peragakat Torso dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA semester genap SMA Wiratama Kotagajah Tahun Pelajaran 2015/2016; (2) Untuk mengetahui penerapan metode inkuiri disertai alat peraga Torso dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA semester genap SMA Wiratama Kotagajah Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangakan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil analisis menunjukkan aktivitas belajar siswa rata-rata meningkat dari 52,25% dari pra survei menjadi 66,11% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 79,72% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Penerapan medoe inkuiri disertai alat peraga Torso dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi siswa kelas XI IPA semester genap SMA Wiratama Kota Gajah Tahun Pelajaran 2015/2016, dan penerepan metode, dan 2) Penerapan metode inkuiri disertai alat peraga Torso dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA semester genap SMA Wiratama Kota Gajah Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa rata-rata 69,33 pada siklus 1 meningkat menjadi 75,67 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 002/Pend. Biologi/2022
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindak Kelas, Inkuiri
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:21
Last Modified: 06 Dec 2022 02:21
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item