PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTU APLIKASI WONDERSHARE FILMORA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI PADA MATERI PENGANGGURAN KELAS XI SMA NEGERI 5 METRO

Afitaloka, Lula Ajeng (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTU APLIKASI WONDERSHARE FILMORA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI PADA MATERI PENGANGGURAN KELAS XI SMA NEGERI 5 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu guru dalam proses kegiatan pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Hasil prasurvey pada guru dan peserta didik SMA Negeri 5 Metro diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan model pembelajaran yang kurang variatif sehingga mengurangi minat belajar peserta didik. Maka diperlukan media pembelajaran yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja untuk semua peserta didik dan juga untuk mengikuti perkembangan teknologi, Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran interaktif berbantu aplikasi wondershare filmora sebagai media pembelajaran ekonomi pada materi pengangguran kelas XI SMA Negeri 5 Metro yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang meliputi: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa video pembelajaran interaktif berbantu aplikasi wondershare filmora sebagai media pembelajaran ekonomi layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentase 98,57% dengan kriteria sangat kuat, ahli materi memperoleh persentase 97,14% dengan kriteria sangat kuat. Hasil uji coba produk kepada peserta didik memperoleh persentase 96,2% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan rekapitulasi tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran interaktif berbantu aplikasi wondershare filmora merupakan media pembelajaran yang sangat valid dan praktis dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 004/Pend. Ekonomi/2022
Uncontrolled Keywords: Wondershare Filmora, Media Pembelajaran, Video Pembelajaran Interaktif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:19
Last Modified: 05 Dec 2022 03:19
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item View Item