PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DI SMPN 05 METRO

Yosinta, Essa (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DI SMPN 05 METRO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media video pembelajaran matematika pada materi teorema phytagoras yang valid dan praktis.Berdasarkan hasil wawancara pendidik dan peserta didik dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan adanya bahan ajar buku K13 dan buku LKS sudah memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran akan tetapi buku K13 dan buku LKS belum memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengulangi pelajaran atau mempelajari pelajaran baru. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan sebuah media video untuk menunjang proses pembelajaran dan menutupi kekurangan buku paket dan LKS.Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun karena penelitian hanya terfokus pada pengembangan produk, penelitian ini tidak melakukan tahap Implementation, dan untuk tahap evaluation dilakukan disetiap tahapan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 05 Metro.Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 05 Metro.Objek penelitian adalah media video pembelajaran matematika pada materi teorema phytagoras.Instrument yang digunakan yaitu menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli media serta lembar uji kepraktisan peserta didik. Dari hasil validasi yang dilakukan dengan 4 validator ahli yaitu 2 ahli materi dan 2 ahli media serta uji kepraktisan yang dilakukan dengan 5 peserta didik, dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran matematika pada materi teorema phytagoras dinyatakan sangat valid dan sangat praktis, dengan rata-rata persentase hasil uji kevalidan sebesar 87,66% dan rata-rata persentase hasil uji kepraktisan sebesar 80,72%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 006/Pend. Matematika/2022
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media, video pembelajaran
Subjects: 500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:38
Last Modified: 11 Nov 2022 03:38
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1536

Actions (login required)

View Item View Item