PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI FLASH PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Suwarsiah, Suwarsiah (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI FLASH PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Tesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Other
COVER.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Other
BAB I.PDF

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Other
BAB III.PDF

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Other
BAB V.PDF

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Other
DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (297kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis animasi flash yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, pada materi sistem pencernaan manusia. Desain penelitian dan pengembangani menggunakan model (R & D) diadopsi dari Borg & Gall (2003) , dengan cara studi pendahuluan, pengembangan produk, dan pengujian produk. Pengembangan Media pembelajaran interaktif berbasis animasi flash diujkan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pardasuka tahun pelajaran 2020/2021, menggunakan rancangan uji coba luas dan uji coba terbatas. Metode pengumpulan data adalah angket, wawancara, observasi dan tes,teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan divalidasi ahli konstruksi, ahli materi, dan ahli bahasa. Media interaktif berbasis animasi flash yang dikembangkan memiliki kelayakan yang tinggi berdasarkan aspek kemenarikan dan aspek kemanfaataan. Hasil nilai perencanaan (78,80) kategori baik dan pelaksanaan pembelajaranya (78,7) kategori baik. dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Tinggi yaitu (80,62%). Respon siswa terhadap media interaktif sangat positif .Kesimpulan hasil penelitian, yaitu media interaktif berbasis animasi flash yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan perolehan N-Gain hasil pretes dan post test sebesar 0,71.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Additional Information: 025/Pasca Biologi/2020
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Animasi Flash, Sistem Pencernaan, Keterampilan Berpikir Kritis.
Subjects: 500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:51
Last Modified: 04 Nov 2020 03:51
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item