AYUDIFENI, DEAN JENIVA (2022) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK YATIM DAN PIATU DI SMA PURNAMA TRIMURJO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.
|
Text
abstrk.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
Tujuan Penelitian dan Pengembangan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk “Mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik Modeling untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yatim piatu di SMA Purnama Trimurjo” dan menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling yang peneliti kembangkan. Jenis penelitian ialah Research yaitu penelitian menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif diperoleh berdasarkan saran dan masukan yang diberikan oleh validasi para ahli dan data kuantitatif diperoleh berdasarkan hasil skor penilaian respon peserta didik serta angket motivasi belajar peserta didik yatim piatu yang peneliti berikan kepada peserta didik. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan metode penelitian bimbingan klasikan dengan teknik Modeling dengan memodelkan salah satu model dengan latar belakang keluarga yatim piatu namun memiliki motivasi belajar yang tinggi sehingga mampu mencapai cita-cita yang diinginkan. Hasil penelitian yang dilakukan adalah : 1) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik Modeling terhadap peserta didik yatim piatu di SMA Purnama Trimurjo Tahun Pelajaran 2021/2022, 2) Peningkatan motivasi belajar pada peserta didik yatim piatu SMA Purnama Trimurjo yang berhasil mendapatkan hasil dengan kategori “sangat tinggi” yang dapat dilihat sebagai berikut: a) hasil skor pretest yang rata rata mendapatkan skor 129,2 dengan kategori “Tinggi”, b) skor postest yang rata rata mendapatkan skor 135,2 dengan kategori “Sangat Tinggi”, c) hasil pengujain hipotesis juga menunjukan bahwa hasil thitung lebih besar dari pada ttabel dari signifikan 0,05. dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen terhadap variabel dependen sehingga terdapat pengaruh perubahan motivasi belajar peserta didik yatim piatu di SMA Purnama Trimurjo dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Additional Information: | 27/2022/S1 Bimbingan dan Konseling |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar, Yatim Piatu |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling |
Depositing User: | intan arum sari |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 02:52 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 02:52 |
URI: | http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1473 |
Actions (login required)
View Item |