ANALISIS KEMAMPUAN ADAPTASI TEKNOLOGI DAN LITERASI MEMBACA SEBAGAI KESIAPAN MENGHADAPI ERA NEW NORMAL DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR

Prastowo, Dedi Catur (2022) ANALISIS KEMAMPUAN ADAPTASI TEKNOLOGI DAN LITERASI MEMBACA SEBAGAI KESIAPAN MENGHADAPI ERA NEW NORMAL DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL - SKRIPSI - Dedi Catur Prastowo - 18330014 - S1 PEND FISIKA 2018.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - Pendahuluan - Dedi Catur Prastowo - 18330014 - S1 PEND FISIKA 2018.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 - Metode Penelitian - Dedi Catur Prastowo - 18330014 - S1 PEND FISIKA 2018.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - Pembahasan - Dedi Catur Prastowo - 18330014 - S1 PEND FISIKA 2018.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR SKRIPSI - Dedi Catur Prastowo - 18330014 - S1 PEND FISIKA 2018 (1).pdf

Download (280kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menyimpulkan tentang kesiapan ataupun ketidaksiapan peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 2 Mekarmukti di era new normal jika ditinjau dari kemampuan literasi membacanya. Serta mengetahui dan menyimpulkan tentang kesiapan ataupun ketidaksiapan guru kelas V sekolah tersebut di era new normal jika ditinjau dari kemampuan adaptasi teknologinya. Jenis penelitian ini berupa studi kasus dengan menggunakan pendekatan penelitian secara kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan teknik Snowball, kemudian teknik tersebut dikemas kedalam metode triangulasi data dengan bantuan tiga instrumen, yaitu observasi, wawancara, dan angket. Metode triangulasi data digunakan oleh peneliti untuk memudahkan dalam menarik kesimpulan yang didapatkan melalui keabsahan dan kejenuhan data yang diperoleh melalui tiga instrumen pengumpulan data yang telah digunakan. Berdasarkan hasil analisis dari ketiga instrumen yang telah dilakukkan triangulasi data dan diverifikasi oleh peneliti, peserta didik kelas V telah siap dalam menghadapi pembelajaran di era new normal berbasis Asesmen Nasional jika ditinjau dari literasi membacanya. Kesiapan tersebut dapat dibuktikan dengan 2 (dua) dari 3 (tiga) peserta didik, telah memenuhi indikator kemampuan literasi membaca, yaitu kemampuan membaca dan pemahaman peserta didik terhadap suatu bacaan. Sedangkan satu peserta didik yang terakhir, belum memiliki kemampuan literasi membaca yang baik karena belum memenuhi kedua indikator tersebut. Kemudian pada kemampuan adaptasi teknologi, guru kelas V sekolah tersebut telah memiliki kesiapan dalam menghadapi pembelajaran di era new normal jika ditinjau dari kemampuan adaptasi teknologinya. Kesiapan tersebut dapat dilihat dari self knowledge guru terhadap teknologi begitu baik dan memiliki ketertarikan untuk memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran luring dikelas secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 007/Pend. Fisika/2022
Uncontrolled Keywords: Adaptasi Teknologi; Literasi Membaca; Kampus Mengajar
Subjects: 500 Ilmu Murni > Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Khusnul Nisa A
Date Deposited: 09 Nov 2022 04:36
Last Modified: 09 Nov 2022 04:36
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item View Item