PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP NEGERI 2 TRIMURJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Asri, Nova Puspita (2021) PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP NEGERI 2 TRIMURJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (190kB) | Preview
Official URL: https://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nova Puspita Asri. 2020. Pengembangan Handout Berbasis Kontekstual Untuk Pembelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Trimurjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Prodi Pendidikan Biologi. Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Dr. Agus Sujarwanta, M.Pd, Pembimbing (II) Triana Asih, M.Pd. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang berguna untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pendidik yang kreatif harus dapat mengembangkan suatu media pembelajaran guna membantu peserta didik memudahkan mempelajari dan menguasai materi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan handout berbasis kontekstual dalam pembelajaran IPA untuk peserta didik di SMP Negeri 2 Trimurjo. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan yang dilakukan mengacu pada penelitian 4D dengan Tahapan define, design, develop, and desseminate. Pengembangan produk ini dilakukan dengan identifikasi potensi dan masalah, desain produk, validasi produk, dan mengujicobakan produk. Instrumen validasi dalam penelitian ini menggunakan angket dengan pedoman skor menggunakan skala likert 1-5. Hasil penelitian ini adalah telah dikembangkannya produk handout berbasis Kontekstual pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 2 Trimurjo. Handout yang dikembangkan divalidasi pada aspek desain, materi, dan bahasa. Hasil uji validasi pada aspek materi diperoleh persentase kelayakan sebesar 96,7 pada kategori sangat layak, aspek desain diperoleh persentase kelayakan sebesar 84,6% dalam kategori sangat layak dan pada aspek bahasa diperoleh persentase sebesar 82,8 dalam kategori sangat layak. Hasil uji coba produk pada kelompok kecil menyatakan bahwa produk layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: handout, kontekstual, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 004/Pend. Biologi/2021
Uncontrolled Keywords: Handout, Kontekstual, Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > Pendidikan
500 Ilmu Murni > Biologi, Ilmu Hayati
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Feri Apriyanto
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:04
Last Modified: 07 Nov 2022 07:04
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1419

Actions (login required)

View Item View Item